Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selesaikan Penjualan Lippo Mall Puri, LPKR Raup Rp 3,5 Triliun

Kompas.com - 15/12/2020, 12:40 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), mengumumkan penyelesaian transaksi penjualan Lippo Mall Puri, dengan nilai transaksi sebesar Rp 3,5 triliun.

Transaksi akuisisi tersebut didukung oleh mayoritas Unitholders Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIR Trust/ LMIRT). Di LMIRT ini LPKR mempunyai kepemilikan saham sebesar 32 persen.

“Hasil (dana kas) yang didapatkan Lippo Karawaci dari transaksi ini akan memberikan Perseroan fleksibilitas keuangan tambahan dalam mencapai proyeksi pertumbuhannya,” kata CEO LPKR John Riady melalui siaran pers, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Presdir Lippo Karawaci Klaim Utang Perusahaan Masih Sehat hingga 2025

John bilang, langkah selanjutnya untuk menyelesaikan penjualan kepada LMIRT adalah menyelesaikan penerbitan saham baru alias rights issue oleh LMIRT dalam beberapa minggu ke depan. Rights Issue ini juga telah disetujui para Unitholders LMIRT.

Dana dari rights issue ditambah dengan dana yang telah diperoleh dari pinjaman bank dan pendanaan vendor akan memastikan tersedianya dana untuk akuisisi tersebut.

“LPKR akan tetap menjadi pembeli siaga (standby buyer) dari rights issue dan berminat untuk meningkatkan kepemilikannya di REIT guna mendukung transaksi ini apabila diperlukan,” kata dia.

Disebutkan LPKR terus meraih pencapaian baru yang telah ditetapkan sebagai bagian dari agenda transformasi perusahaan.

Penjualan Lippo Mall Puri merupakan salah suatu inisiatif Tim Manajemen baru yang akan menghasilkan pendapatan sebesar Rp 3,5 triliun dari penjualan tersebut dan membantu kontribusi pendanaan penyelesaian proyek-proyek serta peluncuran pengembangan rumah tapak terjangkau di masa mendatang.

Di antara inisiatif-inisiatif kunci yang telah diambil oleh Tim Manajemen dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun terakhir, antara lain penuntasan seluruh proyek lampau, peningkatan neraca keuangan melalui Rights Issue dan bonds refinancing, serta penguatan fungsi manajemen dan tata kelola.

Di samping itu, bisnis properti juga sudah mulai pulih dengan penjualan yang meningkat yaitu lebih dari Rp 2,5 triliun pada tahun 2020, dan dengan target sebesar Rp 3,5 triliun di tahun 2021.

Baca juga: Lippo Karawaci Pastikan Pembangunan Meikarta Rampung Paling Lambat Awal 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com