Kompas.com - 15/12/2020, 13:42 WIB
GoBiz Plus Gojek (tangkapan layar) KOMPAS.com/ELSA CATRIANAGoBiz Plus Gojek (tangkapan layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek memperkenalkan salah satu layanan terbarunya untuk membantu para mitra UMKM ataupun mitra merchant agar bisa mengembangkan skala bisnisnya melalui layanan GoBiz Plus.

Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung mengatakan, sebenarnya layanan ini sudah diluncurkan sejak awal 2020.

Namun, karena pandemi, Gojek menunda publikasi layanan ini.

Baca juga: Gojek-Grab Dirumorkan Merger, Ini Respons KPPU

"Ketika ada pandemi, kami lebih fokus untuk internal kami dan seiring berjalannya waktu kami melihat ternyata setelah ada pandemi tepatnya ketika masa new normal, kami lihat antusias mitra merchant yang menggunakan layanan ini cukup banyak dan kami ingin setelah resmi memperkenalkan layanan ini hari ini semakin banyak lagi UMKM yang memanfaatkan layanan ini," ujar Novi saat jumpa pers virtual, Selasa (15/12/2020).

Novi menjelaskan, ada beberapa fitur yang dihadirkan dalam platform GoBiz yang bisa digunakan para UMKM dan mitra merchant dalam mengembangkan bisnisnya.

Pertama, bisa mencetak struk instan. Para mitra merchant tidak perlu lagi mesin printer tambahan untuk mencetak struk transaksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selain itu pula, lewat fitur ini semua bukti transaksi dapat dicetak ulang sesuai kebutuhan," kata Novi. 

Kedua, menerima pembayaran dari berbagai kartu.

Baca juga: Wacana Merger Gojek-Grab, Ini Respons Gabungan Pengemudi Ojek Online

Novi mengatakan, fitur ini merupakan hasil kerjasama Gojek dengan BCA yang memungkinkan para mitra usaha tidak perlu lagi harus mendaftar ke Bank, tetapi tetap bisa memakai GoBiz dan menerima pembayaran kartu debit dan kartu kredit langsung di perangkat yang sama.

"Semua jenis pembayaran dari berbagai kartu bisa, asal berlogo GPN, Mastercard, dan Visa," ucap dia. 

Ketiga, fitur Point of Sales (POS) yang mana semua pesanan offline dan online tercatat dan bisa mengetahui tipe pembayaran yang sering digunakan dan barang yang sering dibeli atau disukai pelanggan.

Novi menambahkan, hingga saat ini, layanan ini sudah bisa digunakan di 19 wilayah di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel Suntik Gojek Rp 2,1 Triliun, Apa Keuntungannya?

Ke depannya pun, Gojek akan selalu mengupdate seluruh layanannya sesuai dengan kebutuhan para mitra merchant Gojek.

"Kami akan update terus menerus fiturnya sesuai kebutuhan para mitra kami. Selain itu pula kami berharap dengan adanya layanan ini bisa menjawab apa saja kebutuhan mereka," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.