DCI Indonesia: Ekonomi Digital di Indonesia Tumbuh Eksponensial

Kompas.com - 15/12/2020, 15:53 WIB
Ilustrasi data center ShutterstockIlustrasi data center

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan penyedia layanan data center, PT DCI Indonesia mencatat, saat ini Indonesia sudah memasuki posisi teratas sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Secara tahunan, pertumbuhan jumlah pengguna internet mencapai 20 persen, setara dengan 29 juta pengguna baru, di dua tahun terakhir.

Riset Google, Temasek dan Bain & Company mencatat, nilai pasarnya diperkirakan akan naik tiga kali lipat menjadi 309 miliar dollar AS pada tahun 2025, didorong oleh kebangkitan e-commerce, ride-hailing dan game online.

Baca juga: BI: Regulasi Ekonomi Digital Harus Disusun dengan Hati-hati

“Untuk mewujudkan potensi miliaran dolar ini, Indonesia perlu mempercepat pembangunan infrastruktur digital yang kuat baik untuk sektor publik maupun swasta,” jelas Philbert Shih, Managing Director Structure Research dalam virtual konferensi, Selasa (15/12/2020)

Philbert mengungkapkan, ekonomi digital yang tumbuh secara eksponensial, serta digitalisasi bisnis di tengah Covid-19, telah mendorong permintaan terhadap fasilitas data center hyperscale di Indonesia akhir-akhir ini.

Dalam kesempatan itu, DCI Indonesia secara resmi menyelesaikan pembangunan tahap akhir gedung data center JK5 dengan kapasitas 15 Megawatts (MW).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Data Menjadi Penting Bagi Ekonomi Digital Nasional?

Ini merupkan gedung keempat pada fasilitas data center campus dengan luasan 8,5 hektar di area Cibitung.

“DCI Indonesia terus melakukan pembangunan gedung data center secara berkelanjutan dan di kuartal pertama tahun 2021, DCI akan mengoperasikan empat gedung data center dengan total kapasitas sebesar 37 MW untuk pasar di Indonesia,” kata Philbert.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.