Lewat Aplikasi ini, Masyarakat Bisa Ketahui Pergerakan Barang Lewat Tol Laut

Kompas.com - 15/12/2020, 18:32 WIB
Kapal Tol Laut bersandar di Pelabuhan Zamrud Selatan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang dikelola Pelindo III. Dok Pelindo IIIKapal Tol Laut bersandar di Pelabuhan Zamrud Selatan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang dikelola Pelindo III.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan aplikasi Sitolaut, yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Tol Laut.

Melalui aplikasi tersebut, Kemenhub berupaya mempermudah masyarakat dan stakeholder terkait untuk mengakses layanan tol laut.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, lewat aplikasi tersebut seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses layanan tol laut darimana saja.

Ia berharap, hal tersebut dapat mengoptimalkan operasional tol laut.

Baca juga: Kemenhub Luncurkan Si Tol Laut, Aplikasi Lacak Pergerakan Barang dari Suplier ke Reseller

“Pembuatan aplikasi SITOLAUT merupakan langkah yang tepat. Karena dapat mengubah proses layanan bongkar muat barang tol laut yang  sebelumnya dilakukan secara manual menjadi online," katanya dalam peluncuran aplikasi Sitolaut, Selasa (15/12/2020).

"Pemerintah berharap masyarakat dan stakeholder terkait dapat mengakses seluruh informasi terkait pelaksanaan program tol laut secara mudah, transparan dan komunikatif kapan saja dan dimana saja” tambah Budi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan adanya aplikasi tersebut, Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menginginkan tidak adanya lagi aksi monopoli yang dilakukan oleh oknum yang menyebabkan disparitas harga masih terjadi di daerah-daerah.

Pasalnya, tujuan penyelenggaraan program tol laut adalah untuk menjangkau dan mendistribusikan logistik ke daerah 3TP (Terluar, Terdepan,Terpencil dan Perbatasan), menjamin ketersediaan barang dan mengurangi disparitas harga, meningkatkan konektivitas dan pengiriman bahan pokok dan penting (Bapokting).

Baca juga: Efek Pandemi Covid-19, Anggaran Tol Laut Nyaris Dipotong

“Saya berpesan dengan adanya aplikasi SITOLAUT maka semua informasi jenis layanan jasa program tol laut bisa di akses dari seluruh wilayah sehingga proses pengiriman barang dari lokasi asal sampai ke tujuan barang terutama untuk wilayah terluar, terdepan, terpencil dan perbatasan semakin cepat, efektif, dan menghilangkan disparitas harga antar daerah,” tutur Budi.

Budi menambahkan, dengan adanya aplikasi ini akan semakin mendorong hasil-hasil bumi di wilayah pedalaman untuk dapat di ekspor antar daerah, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pedalaman tersebut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.