Kinerja Ekspor Impor Cemerlang, Roda Ekonomi Mulai Pulih?

Kompas.com - 16/12/2020, 07:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, neraca perdagangan Indonesia pada November 2020 mengalami surplus sebesar 2,6 miliar dollar AS.

Ini menunjukkan Indonesia untuk ketujuh kalinya mencatatkan kinerja neraca perdagangan surplus.

Berbeda dari surplus yang terjadi pada bulan-bulan lalu, kali ini surplus terjadi karena kinerja ekspor mengalami kenaikan, baik secara bulanan (month to month/mtm) maupun bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year).

Baca juga: China Masih Dominasi Impor RI, Salah Satunya Komoditas Bawang Putih

Laju impor pun secara bulanan mengalami pertumbuhan, meski secara tahunan masih menurun.

"Harus disampaikan surplus ini menggembirakan karena ini terjadi karena ada kenaikan ekspor yang meningkat baik month to month maupun year on year, sementara impor juga meningkat secara month to month meski secara year on year masih menurun," jelas Suhariyanto ketika memberikan paparan secara virtual, Selasa (15/12/2020).

Data BPS menunjukkan, ekspor mencapai 15,28 miliar dollar AS atau naik 6,36 persen secara bulanan (mtm) dan impor sebesar 12,66 miliar dollar AS atau naik 17,4 persen (mtm).

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, impor masih mengalami kontraksi atau penurunan 17,46 persen (yoy). Sementara ekspor mulai meningkat 9,54 persen (yoy).

Pertumbuhan ekspor, menurut Suhariyanto, terjadi karena ada peningkatan permintaan global, terutama di negara-negara tujuan ekspor Indonesia.

Baca juga: Nilai Ekspor November Capai 15,28 Miliar Dollar AS, Tertinggi sejak 2018

Kenaikan permintaan pun didukung dengan harga komoditas ekspor utama yang juga naik pada November ini.

"Misal lemak dan minyak hewan nabati meningkat 15,4 persen, harga sawit juga naik tinggi sehingga nilai juga meningkat," ujar Suhariyanto.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.