Kompas.com - 16/12/2020, 14:12 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 meluluhlantakan seluruh sektor yang ada di Tanah Air, tak terkecuali industri kuliner.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (Apkulindo) Bedi Zubaedi mengatakan banyak pelaku usaha kuliner yang sangat terpukul bisnisnya lantaran omzetnya merosot.

"Turunnya omzet menyusul dengan adanya pelarangan layanan makan di tempat (dine-in) dan daya beli masyarakat yang juga ikut turun. Jadi itu benar-benar menjadi challange buat kita di industri bisnis kuliner,"ujarnya saat ShopeePay Talks yang disiarkan secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Bos Garuda: Pengangkutan Vaksin Covid-19 Merupakan Misi Kemanusiaan yang Patut Didukung

Tak hanya itu, sialnya lagi, diakui dia, ketika omzet turun drastis, harga bahan baku malah justru semakin mahal. Hal ini pun, kata dia, membuat bottom line bisnis juga ikut terganggu.

Para pebisnis kuliner pun mau tak mau dituntut untuk berkreatifitas agar bisa mempertahankan bisnisnya. Salah satunya dengan mengeluarkan produk baru dalam bentuk frozeen food.

Ternyata inisiatif ini pun, disambut positif oleh pasar. Apalagi ketika masyarakat dituntut untuk di rumah aja, membuat mereka mengambil kesibukan lain dengan memasak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi mereka lebih memilih membeli makanan yang frozen food. Layanan dine-in dihentikan, mereka bosan di rumah, yaudah mencari aktivitas lain dengan memasak makanan yang frozen food, dan kami melihat insiatif ini cukup membantu teman-teman di industri kuliner," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.