Apkulindo: Pada 2021, Makanan Tradisional Akan Naik Daun

Kompas.com - 16/12/2020, 15:00 WIB
Sejumlah pekerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, membuat kue, Minggu (13/9/2020). KOMPAS/PRIYOMBODOSejumlah pekerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, membuat kue, Minggu (13/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (Apkulindo) Bedi Zubaedi mengatakan, makanan tradisional Indonesia akan menjadi tren kuliner yang naik daun dan disukai oleh banyak anggota masyarakat pada tahun 2021.

Tren tersebut pun dibarengi dengan munculnya inovasi-inovasi baru untuk menaikkan derajat makanan tradisional.

"Jadi makanan tradisional Indonesia dari seluruh provinsi akan naik, akan jago, dan akan semakin tumbuh dengan macam-macam inovasinya, baik itu secara packaging maupun hal lainnya," ujarnya saat ShopeePay Talks yang disiarkan secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Pandemi Membuat Omzet Industri Kuliner Merosot

Bedi berharap ke depannya produk makanan tradisional akan bisa bersaing, bahkan mengalahkan produk-produk asing yang masuk ke Indonesia. Seperti salah satu negara yang fast food-nya kalah dibandingkan dengan makanan lokal.

Hal ini pun, kata dia, bisa saja terjadi di Indonesia, asal dibarengi dengan support yang diberikan oleh masyarakat lokalnya sendiri.

"Jadi kita harus bantu juga, kita tingkatkan selera di Indonesia, kita sebagai masyarakat Indonesia harus cinta sama makanan kita sendiri," ucapnya.

Tak hanya itu, Budi juga mengatakan, bisnis kuliner setiap tahunnya pun tidak akan pernah mati. Sebab, menurut dia, selama orang-orang masih butuh makan, bisnis kuliner pun akan tetap eksis.

"Kecuali ada orang yang tiap harinya harus puasa, itu mungkin bisa membuat tren bisnis kuliner menurun, tapi saya kira enggak akan mungkin. Bisnis kuliner enggak akan pernah mati, masih tetap terus berkembang," ujar dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X