Kompas.com - 16/12/2020, 15:43 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.comBank Mandiri mengembangkan Mandiri Global Trade (MGT) yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah perusahaan untuk memperkuat bisnis perdagangan internasional.

Dalam hal ini, Mandiri Global Trade akan memberikan solusi atas berbagai kebutuhan finansial nasabah dalam transaksi perdagangan internasional di mana saja dan kapan saja secara nir-dokumen sehingga meningkatkan efisiensi.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengungkapkan, solusi digital ini menjadi salah satu manifestasi keinginan Bank Mandiri untuk menjadi salah satu digital bank terkemuka di Indonesia dengan layanan yang handal dan simpel.

Baca juga: Bank Mandiri Terbitkan e-money Edisi Jak Lingko

“Berangkat dari pengalaman puluhan tahun di industry trade-finance, kami percaya Mandiri Global Trade akan dapat menjawab kebutuhan nasabah perusahaan akan layanan finansial yang end-to-end, mudah, efektif, nyaman dan terpercaya. Ini juga didukung oleh proses registrasi yang mudah dan tanpa biaya,” kata Darmawan dalam keterangan resmi, Rabu (16/12/2020).

Saat ini, tambahnya, nasabah Bank Mandiri yang tercatat sebagai pelaku usaha perdagangan internasional mencapai lebih dari 9.000 perusahaan.

Dia mencontohkan, berbagai transaksi yang dapat diakses oleh nasabah MGT yang teregister seperti penerbitan Letter of Credit (LC), Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), Standby Letter of Credit (SBLC), shipping guarantee dan Bank Garansi (BG).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, registered user juga dapat mengakses layanan transaksional yang mendukung kegiatan ekspor dan impor lainnya termasuk pembiayaan perdagangan (trade finance) melalui fitur pengajuan dokumen underlying secara online, bagi nasabah perusahaan yang telah memiliki perjanjian kerjasama.

Per November Bank Mandiri mencatatkan kenaikan sebesar 8 persen (yoy) transaksi ekspor dan impor nasabah per November 2020 menjadi 72 miliar dollar AS, dengan transaksi financing ekspor dan impor yang mencapai 5,6 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.