Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Covid-19 Gratis, BPJS Ketenagakerjaan Baru Serahkan 20,3 Juta Data Pekerja ke Pemerintah

Kompas.com - 16/12/2020, 17:07 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan menggratiskan pemberian vaksin virus corona kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Termasuk kepada para pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Irvansyah Utoh Banja mengatakan, hingga saat ini pihaknya baru menyerahkan sebanyak 20,3 juta data pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan kepada pemerintah.

"Yang telah kami serahkan sebanyak 20,3 juta data. Kami terus akan meng-update data tersebut ke pemerintah," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Data Pekerja Penerima Bantuan Vaksin Covid Gratis

Sementara, total keseluruhan peserta yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, baik yang merupakan Pekerja Penerima Upah maupun Pekerja Bukan Penerima Upah lebih dari 51 juta pekerja. Dipastikan golongan pekerja tersebut bakal menerima vaksin covid tanpa syarat.

"Total terdaftar 51 juta. BP Jamsostek sebatas menyiapkan data calon penerima vaksin program pemerintah, tentunya pengaturan lebih lanjut terkait penggunaan data tersebut sepenuhnya ada di pemerintah," kata Utoh.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menggratiskan pemberian vaksin Covid-19 kepada seluruh masyarakat atas dasar banyaknya masukan dari masyarakat dan mengalkulasi ulang keuangan negara.

"Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, hari ini.

Jokowi pun menginstruksikan jajarannya di semua kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Dia juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain untuk program vaksinasi gratis.

Baca juga: Jokowi: Vaksin Covid-19 Gratis untuk Masyarakat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com