Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia dan PHRI Berkolaborasi, Janjikan Harga Paket Tiket Pesawat dan Hotel yang Menarik

Kompas.com - 16/12/2020, 17:36 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia Indonesia dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menandatangani nota kesepahaman untuk mensinergikan promosi dan penjualan hotel dengan tiket penerbangan.

Nota kesepahaman ini mengawali proses integrasi hotel-hotel yang tergabung di dalam PHRI ke dalam platform pemesanan tiket AirAsia di airasia.com. Kesepakatan ini membuka peluang penjajakan kerja sama promosi dan penjualan antara hotel dengan maskapai AirAsia untuk menyediakan paket bundling dengan harga menarik.

“Kami berharap penjajakan kerja sama antara AirAsia dan PHRI ke depannya dapat membawa manfaat sebesar-besarnya bagi pengusaha hotel dan restoran di Indonesia,” ujar Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Usaha Logistik AirAsia Siap Bantu Distribusi Vaksin Covid-19

Veranita menambahkan, hotel yang akan bermitra dengan AirAsia nantinya akan mendapatkan akses terhadap inventori tiket AirAsia dengan harga terbaik. Dengan begitu dapat dikombinasikan dengan inventori kamar hotel yang ada untuk kemudian ditawarkan menjadi paket bundling dengan promosi harga menarik.

Pemilik hotel dapat mengatur harganya sendiri sehingga nantinya promosi yang dihasilkan benar-benar akan menguntungkan pelanggan. Pelanggan masih tetap dapat memesan hotel secara independen di platform airasia.com tanpa harus memesan tiket, atau menambahkan pemesanan hotel di pemesanan tiket yang sudah ada.

“Hal ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat baik yang akan melakukan perjalanan maupun yang berada di wilayah destinasi. Oleh karenanya secara tidak langsung kami harapkan kolaborasi ini akan mendukung ekonomi masyarakat khususnya di wilayah destinasi yang saat ini masih menantikan pulihnya kunjungan wisata hingga tahun 2021 nanti,” kata Veranita.

Sementara itu, Ketua Umum PHRI Hariyadi BS Sukamdani menyampaikan, dengan distribution channel yang sudah siap serta kekuatan merek AirAsia jelas memberikan manfaat bagi PHRI. Apalagi pandemi berkepanjangan sepanjang 2020 menjadi tekanan yang kuat bagi usaha perhotelan dan penerbangan, sehingga upaya ini diharapkan dapat menjadi start awal pemulihan pariwisata nasional.

“Kami dari sektor hotel dan restoran telah siap untuk kembali menerima pelanggan dengan protokol kesehatan juga dengan promosi-promosi menarik dari anggota di banyak daerah di Indonesia,” tambah dia.

Baca juga: AirAsia Tambah Frekuensi Penerbangan di Lombok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com