Hari Belanja Diskon, Kemendag Minta Pengusaha Mal Dorong Promosi Produk Lokal

Kompas.com - 16/12/2020, 17:42 WIB
Ilustrasi pusat perbelanjaan KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi pusat perbelanjaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta pengusaha mal untuk mendorong promosi produk-produk buatan dalam negeri. Ini untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional setelah terimbas pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) yang kembali menyelenggarakan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI).

Ia berharap, pesta diskon yang berlangsung sepanjang 16-31 Desember 2020 tersebut, dapat meningkatkan belanja masyarakat khususnya pada produk lokal. Sehingga bisa semakin menggerakkan ekonomi nasional jelang tutup tahun.

"Kami mendorong untuk dalam HBDI bisa serius mempromosikan produk-produk dalam negeri, baik itu makanan dan minuman, kerajinan, atau fesyen," ujarnya dalam koferensi pers virtual HBDI Desember 2020, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Ada Ratusan Ribu UMKM di Festival Diskon Nasional, Dapatkan Diskon hingga 75 Persen

Menurut Syailendra, dengan promosi yang kuat maka akan membuka pintu untuk produk dalam negeri semakin dikenal, baik dalam skala nasional maupun global.

"Sehingga produk dalam negeri dapat lebih di kenal dunia luar dan akhirnya bisa bersaing di ajang global," sebutnya.

Selain itu, dia turut meminta Hippindo bisa menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam penyelenggaraan acara. Hal ini untuk mengantisipasi tranmisi virus corona antar pengunjung.

Adapun dalam acara HBDI kali ini turut menggandeng e-commerce, seperti Tokopedia dan Lazada. Sehingga beragam promo bisa dinikmati masyarakat, baik di toko offline yang ada di mal maupun di marketplace.

Syailendra pun mengimbau, untuk para pelaku usaha bisa memanfaatkan dengan maksimal platform digital dalam penyelanggaran HBDI. Sebab, transaksi yang dilakukan secara digital dapat menekan potensi penularan Covid-19.

"Di masa pandemi ini, kami juga mendorong Hippindo agar maksimalkan promosi dan penjualan melalui e-commerce, terutama dalam HBDI," kata dia.

Di sisi lain, Syailendra turut mendorong masyarakat untuk memanfaatkan momentum pesta diskon di akhir tahun ini dengan meningkatkan belanja, khususnya produk buatan lokal. Dengan demikian, bersama-sama memulihkan perekonomian Indonesia.

"Mari jadikan ini sebagai momentum pemulihan ekonomi nasional dan tingkatkan belanja dalam negeri, terutama produk-produk yang dihasilkan UMKM," tutup dia.

Baca juga: HBDI, Mulai Besok Ada Flashsale sampai Diskon 75 Persen di Mal dan Marketplace



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X