Selama Pandemi, Transaksi Online Pegadaian Capai Rp 3,3 Triliun

Kompas.com - 16/12/2020, 22:38 WIB
Pegadaian KOMPAS/HERU SRI KUMOROPegadaian

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) mencatat transaksi digital sejak awal tahun hingga Oktober 2020 mencapai Rp 3,3 triliun. Nilai itu berasal dari 1,35 juta transaksi yang dilakukan nasabah.

Direktur Teknologi Informasi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono mengatakan, perseroan telah melakukan transformasi digital sejak 2 tahun terakhir. Menurut dia, digitalisasi yang dilakukan berhasil mendorong kinerja perusahaan.

"Kami lihat digital service cukup bagus, dalam dua tahun ini pertumbuhan transaksi hampir 4 kali lipat. Performa Pegadaian masih cukup bagus di masa pandemi ini," ujarnya dalam webinar Indonesia Digital Conference (IDC) 2020: Inovasi Beyond Pandemi, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Erick Thohir Mau Sinergikan Pegadaian, Karyawan: Akankah Masih Bisa Layani Rakyat Kecil?

Ia menjelaskan, kinerja Pegadaian di masa pandemi terjaga pertumbuhan pembiayaan sebesar 8,84 persen secara tahunan yakni menjadi Rp 54,81 triliun. Tren positif ini diyakani bakal terus berlanjut hingga akhir tahun, bahkan menjadi tumbuh sebesar 10 persen atau dobel digit.

"Kondisi keuangan kami juga kuat, sehingga kami percaya (bisa mencapai dobel digit)," sebutnya.

Menurut Teguh, perusahaan gadai pelat merah tersebut akan terus mendorong transformasi digital ke depannya. Lantaran, digitalisasi merupakan keharusan di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Investasi yang digelontorkan pun cukup besar yakni Rp 500 miliar per tahun atau sekitar 2-3 persen dari pendapatan perusahaan.

"Karena kalau kita tidak lakukan transformasi, tinggal tunggu kapan mati pelan-pelan. Maka investasi Rp 500 miliar, ini sangat layak karena akan mendukung Pegadaian untuk mempertahankan eksistensinya di masa depan," tutup Teguh.

Baca juga: Akan Disinergikan dengan BRI dan Pegadaian, Ini Respons PT PNM



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X