Budi Karya dan Eselon I Kemenhub Mulai Gunakan Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas

Kompas.com - 17/12/2020, 05:31 WIB
Menhub Gunakan Mobil Listrik Humas KemenhubMenhub Gunakan Mobil Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mulai menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas sehari-hari.

Bukan hanya Budi, para pejabat eselon I Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mendapatkan fasilitas kendaraan dinas yang sama.

Budi pun langsung mencoba mengemudikan mobil listrik merek Hyundai berwarna putih dengan pelat nomor RI 35 itu di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Baca juga: Bicara soal Penggunaan Mobil Listrik, Wamen BUMN: Yang Untung PLN, Yang Rugi Pertamina

"Saya bahagia karena rencana kami untuk menggunakan kendaraan dinas dengan kendaraan listrik hari ini bisa terwujud hari ini," katanya, Rabu (16/12/2020).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu pun mengapresiasi para pejabat di kementeriannya yang bersedia untuk mulai menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas.

Menurut dia, hal tersebut dapat membantu menekan kadar emisi karbon gas buang kendaraan berbahan bakar minyak.

Rencananya, sampai akhir tahun 2021, Kemenhub akan melakukan pengadaan 100 kendaraan listrik.

"Akan digunakan untuk para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenhub," kata Budi.

Lebih lanjut, Budi mengajak instansi lain untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasionalnya.

Baca juga: Mobil Listrik Marak, Pertamina Disarankan Fokus ke Industri dan Transportasi Massal

Bukan hanya itu, Budi juga terus mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi publik, seperti angkutan sewa khusus dan Bus Rapid Transit (BRT).

"Singkat kata, kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan yang bisa menjadikan bumi ini, Indonesia, Kota Jakarta lebih concern terhadap lingkungan," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X