Ini yang Harus Diperhatikan oleh UMKM dalam Membuat Foto Produk yang Menarik

Kompas.com - 17/12/2020, 11:00 WIB
Ilustrasi makanan di atas meja restoran. SHUTTERSTOCK/OLGA KLOCHANKOIlustrasi makanan di atas meja restoran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (Apkulindo) Bedi Zubaedi mengatakan foto produk adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dan krusial ketika usaha kuliner yang dimiliki ingin berkembang pesat.

Sebab, foto produk bisa meningkatkan keinginan masyarakat untuk membeli produk yang dijual hingga dikenal lebih banyak masyarakat.

"Apabila ingin produk dikenal dan diketahui pembeli yah harus lewat foto produk. Oleh sebab itu dalam menyiapkan foto produk jangan asal sembarang, harus benar-benar semenarik mungkin," ujarnya saat ShopeePay Talks yang disiarkan secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: 4 Tips Membuka Usaha Bisnis Kuliner

Menurut dia, semakin menarik foto produk yang ditampilkan, tingkat keinginan masyarakat untuk membeli produk tersebut pun semakin tinggi.

Food Blogger @foodirectory Windy Iwandi membeberkan ada beberapa tips agar foto makanan bisa terlihat lebih menarik.

Pertama, Cahaya yang Cukup

Kunci utama fotografi adalah cahaya yang cukup, oleh sebab itu sebisa mungkin dapatkan cahaya alami dari sinar matahari.

"Manfaatkan cahaya yang masuk dari jendela, ataupun cahaya dari lampu juga tetap bisa membantu," ucapnya.

Kedua, background Netral

pilih background yang netral untuk menciptakan kesan clean. Dia menyebutkan latar foto dengan warna netral bisa menggunakan warna cokelat, putih, ataupun motif kayu agar foto lebih fokus ke penataan produk makanan di aja meja.

Ketiga, Memanfaatkan Kamera Handphone.

Windy mengatakan, tidak perlu khawatir jika tidak memiliki kamera yang canggih seperti DSLR, sebab smartphone yang ada saat ini sudah sangat canggih. "Pelajari saja mode dan fitur yang terdapat dalam smartphone masing-masing," katanya.

Baca juga: 8 Tips Bisnis bagi UMKM pada Tahun 2021

Keempat adalah Close Up

Dalam seni fotografi produk, detail dari makanan harus diambil fokus dengan angle Close Up agar pesan yang ingin disampaikan dari makanan tersebut bisa tersampaikan.

Metode close up ini juga menjadi salah satu metode yang paling sering dan mudah untuk dilakukan dan usahakan juga tidak blur ketika mengambil gambar dengan metode ini.

Kelima, mainkan warna makanan.

Pastinya sebuah foto akan lebih menarik setelah diberikan sentuhan editing. Tidak perlu editing terlalu keras, cukup buat warna makanan lebih hidup.

"Kita bisa pakai aplikasi editing seperti VSCO, Light Room, Snap Seed, dan lainnya. Bagi bisnis kuliner online, foto produk makanan yang menggugah selera sangatlah krusial untuk menarik minat konsumen untuk membelinya," ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X