Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Taspen Luncurkan 2 Program untuk ASN, Apa Saja?

Kompas.com - 17/12/2020, 13:54 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Taspen Antonius Kosasih mengatakan, pada tahun 2021, akan diluncurkan dua program Taspen yang akan menyasar para Aparatur Sipil Negara (ASN). Kedua program itu kesejahteraan dan perumahan ASN.

"Jadi dua program itu, kesejahteraan ASN dan perumahan untuk ASN akan kami luncurkan di tahun 2021, Insya Allah," kata dia dalam Rakornas Kepegawaian Virtual 2020 BKN, Kamis (17/12/2020).

Kosasih menjelaskan, pada program pertama, yaitu kesejahteraan ASN. Dengan memilih program tersebut, ASN bisa berinvestasi atau menabung di Taspen cukup Rp 100.000.

"Sekarang yang paling murah kami telah membuat programnya pertama, sangat terjangkau mulai dari Rp 100.000 per bulan. Sudah membuat pensiun lebih tenang, lebih ayem," ujarnya.

Baca juga: Bagaimana Nasib ASN di 10 Lembaga Dibubarkan, Ini Penjelasan Kemenpan RB

Kemudian program kedua adalah pembelian perumahan bagi ASN. Menurut dia, program perumahan ini merupakan yang pertama bagi pihaknya untuk berinovasi setelah 57 tahun terbentuknya Taspen.

Dia memastikan, pembelian rumah melalui program ini,  ASN bisa membayar uang muka dengan harga serta cicilan terjangkau. Sekaligus diberikan jangka waktu cicilan yang panjang.

"Kami juga akan meluncurkan di tahun 2021, program perumahan untuk ASN. Ini pertama kalinya kami lakukan setelah 57 tahun. Karena programnya baru tersedia sekarang dan kami akan bekerja sama dengan berbagai institusi, BUMN juga, dimana kami akan menyediakan perumahan dengan harga yang terjangkau, tempatnya strategis di seluruh Indonesia," jelasnya.

Kosasih mengungkapkan, selama 57 berdirinya Taspen yang kerap mengelola keuangan ASN se-Indonesia, telah terkumpul dana Rp 270 triliun yang selama ini dikelola.

"Taspen itu mengelola dana yang dipercayakan pemerintah dana dari bapak atau ibu (ASN) yang 57 tahun kami kumpulkan dan kami kelola jumlahnhya Rp 270 triliun," ucap dia.

Baca juga: Wapres: Percepat Terwujudnya Smart ASN...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com