Kompas.com - 17/12/2020, 16:23 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup menguat pada Kamis (17/12/2020).

Melansir Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pasar spot sore ini menguat 18 poin (0,12 persen) ke level Rp 14.108 per dollar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.126 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, penguatan rupiah terjadi terdorong oleh pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut akan menggratiskan vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Investor merespons positif hal tersebut dan mendorong rupiah menguat sore ini.

Kabar baik datang dari pernyataan Presiden Jokowi untuk menggratiskan vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

“Keputusan ini diambil setelah presiden menerima banyak masukan dari masyarakat dan kalkulasi ulang, hitung ulang mengenai keuangan negara,” kata Ibarahim dalam siaran pers.

Baca juga: IHSG Sore Ini Melemah Tipis

Jokowi juga memerintahkan kepada seluruh jajaran kabinet dan pemerintah daerah memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vaksin Covid-19 akan diteliti dan diuji dulu oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mendapatkan izin penggunaan darurat. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menerbitkan fatwa halal atas vaksin ini.

“Kabar tersebut disambut baik pelaku pasar, setidaknya pengeluaran masyarakat untuk vaksinasi menjadi nol, dan bisa dialihkan untuk konsumsi lainnya. Konsumsi masyarakat sendiri merupakan kontributor terbesar dalam pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Di sisi lain, hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 16-17 Desember 2020 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,75 persen. Keputusan ini mempertimbangkan prakiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan perbaikan ekonomi terus berlanjut dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 5 persen di tahun 2021.

Baca juga: 4 Tips Rencana Keuangan untuk 2021



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X