Luhut: Tesla Sampaikan Minat yang Kuat Berinvestasi di RI

Kompas.com - 18/12/2020, 05:43 WIB
Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat theverge.comIlustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) mengatakan bahwa tim dari perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk, Tesla, akan mengunjungi Indonesia pada Januari 2021.

Bahkan, Luhut memastikan bahwa Tesla mulai tertarik untuk berinvestasi di Indonesia.

"Tesla juga sudah menyampaikan minat yang kuat untuk berinvestasi di Indonesia. Mereka akan melakukan kunjungan pada nanti tahun depan bulan Januari," kata Luhut dalam sambutannya secara virtual pada acara Peluncuran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), Kamis (17/12/2020).

Baca juga: Januari 2021, Tesla Jajaki Rencana Investasi di Indonesia

Dengan kedatangan Tesla tersebut, Luhut yakin Indonesia berpotensi besar sebagai produsen kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa investor asing yang telah menanamkan sahamnya untuk memproduksi KBLBB.

Selain Tesla, lanjut Luhut, telah terwujud investasi untuk kendaraan berbasis listrik dari berbagai perusahaan negara luar.

Selain investor luar negeri, juga hadir investor dalam negeri yang telah membangun industri dan menghasilkan berbagai produk, seperti industri sepeda motor listrik, industri kelistrikan, dan industri manufaktur yang memproduksi Gesits dari PT Wijaya Karya (Wika) Persero.

Baca juga: Valuasi Pasar Tesla Tembus 500 Miliar Dollar AS

"Antara lain Hyundai yang telah melakukan investasi untuk membangun basis kendaraan listrik, Bi-Hi yang telah memulai kendaraan bus listrik, serta CATL, LG Chem, VMB New Energy yang saat ini berminat untuk membangun industri bahan baku dasar baterai lithium di dalam negeri," ujar Luhut.

Sebagaimana diketahui, CEO Tesla Elon Musk menanggapi undangan serta perbincangannya dengan Presiden Joko Widodo pada 11 Desember lalu melalui telepon.

Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik.

Tak hanya membicarakan seputar prospek mobil listrik, Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai lokasi launching pad Space X.

Elon Musk berencana mengirimkan timnya ke Indonesia untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X