Pertamina Pasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap di 63 SPBU

Kompas.com - 18/12/2020, 14:32 WIB
Ilustrasi panel surya. SHUTTERSTOCK/FOXBATIlustrasi panel surya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di 63 titik SPBU. Langkah tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya menggenjot perkembangan energi baru dan tebarukan (EBT).

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan, pembangunan dan pengoperasian PLTS di SPBU tersebut dilakukan oleh pihaknya melalui PT Pertamina Power Indonesia (PPI) sebagai Subholding Power and Renewable Energy (PNRE) dan PT Pertamina Retail yang merupakan bagian dari Subholding Comercial and Trading (C&T).

Pemasangan PLTS atap itu juga bekerjasama dengan PT LEN Industri sebagai bagian dalam program sinergi BUMN.

Baca juga: PLN Bangun PLTS di Pulau Paling Utara di Kepulauan Seribu

"Pembangunan PLTS di SPBU ini merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk terus mendorong peningkatan bauran energi sebagai bagian dari upaya percepatan transisi energi yang dimulai dari halaman rumah sendiri," tutur Nicke dalam peresmian secara virtual, Jumat (18/12/2020).

"Ini adalah langkah kecil kami untuk memulai giant step dalam transisi energi," tambah Nicke.

Rencananya, pembangunan PLTS dilakukan di 63 SPBU COCO Pertamina yang tersebar di wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Banten, dan Jawa Barat sebanyak 37 titik SPBU, Jawa Tengah sebanyak 11 titik SPBU, dan Jawa Timur sebanyak 15 titik SPBU.

Dengan total 1.100 solar panel system (photovoltaics) yang ditempatkan di setiap atap SPBU tersebut, maka dapat menghasilkan kapasitas terpasang sebesar 385 kWp.

Lebih lanjut CEO Subholding PNRE Heru Setiawan menjelaskan, rencananya pemasangan PLTS atap di SPBU akan terus diperluas.

Baca juga: Genjot Elektrifikasi NTT, PLN Tambah 5 PLTS

Bahkan, Pertamina berencana mengoperasikan panel surya di seluruh SPBU ke depannya.

"Khusus untuk PLTS, berlanjut ke tahun-tahun berikutnya Subholding PNRE akan membangun PLTS di SPBU Pertamina di seluruh Indonesia serta wilayah-wilayah operasi lainnya seperti Terminal BBM, Kompleks Kilang, dan lainnya," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X