Asuransi Tugu Bukukan Laba Bersih Rp 235 Miliar di Kuartal III

Kompas.com - 18/12/2020, 16:27 WIB
Ilustrasi asuransi. ThinkstockIlustrasi asuransi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) membukukan laba bersih per kuartal III 2020 sebesar Rp 235,1 miliar. Jumlah itu turun 17,5 persen

Presiden Direktur Tugu Insurance, Indra Baruna mengatakan terjaganya kinerja karena perseroan bisa mempertahankan renewal bisnis.

Sementara itu aset konsolidasian per September 2020 tercatat Rp 20,2 triliun dan ekuitas sebesar Rp 8,39 triliun dengan Risk Based Capital (RBC) sebesar 396,8 persen. Level tersebut  masih di atas ketentuan minimal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) IKNB yang sebesar 120 persen.

Baca juga: Kuartal III-2020, Citibank Kantongi Laba Bersih Rp 1,9 Triliun

Sementara itu premi bruto konsolidasian yang dibukukan sebesar Rp 4,57 triliun, hasil underwriting sebesar Rp 388,41 miliar dan hasil investasi Rp 218,5 miliar.

“Kami sangat bersyukur bahwa kerja keras kami masih menghasilkan pencatatan laba maupun kinerja yang positif,” kata Indra dalam siaran pers, Jumat (18/12/2020).

Hingga saat ini Tugu Insurance tetap fokus optimalisasi bisnis korporasi dan komersial, pengembangan bisnis retail dan perluasan bisnis asuransi.

Kontribusi segmen retail dalam portofolio induk perusahaan telah mencapai porsi sebesar 8,1 persen di September 2020, dengan total Premi Bruto sebesar Rp 214 miliar.

Adapun segmentasi retail berasal dari lini bisnis asuransi kendaraan bermotor, kecelakaan diri, kesehatan dan rumah tinggal, dimana kontribusi terbesar masih dari produk asuransi kendaraan bermotor sebesar 67 persen.

“Produksi premi kendaraan bermotor pada triwulan III tahun 2020 telah tercatat Rp 144,1 miliar atau naik 1 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang didominasi oleh premi dari kendaraan roda empat,” tambah Indra.

Indra menambahkan, pertumbuhan premi kendaraan bermotor tersebut masih cukup baik mengingat data penurunan penjualan mobil retail dari Gaikindo menunjukkan penurunan sebesar 47 persen dibandingkan tahun sebelumnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X