Danone dan Google Beri Pelatihan Digital Pelaku Usaha Mikro

Kompas.com - 18/12/2020, 16:48 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Danone Indonesia dan Google Indonesia melalui program Women Will memberikan edukasi literasi digital kepada para pelaku usaha mikro.

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan, pelaku usaha mengalami situasi berbeda karena transaksi secara fisik berkurang selama pandemi Covid-19.

"Situasi ini menuntut mereka untuk bisa beradaptasi dengan teknologi karena berpengaruh pada bisnis mereka," ujarnya dalam diskusi webinar Perempuan Pelaku UMKM yang diselenggarakan oleh Danone Indonesia secara virtual, Jumat (18/12/2020).

"Karena itu, Danone-Indonesia menggandeng Google Indonesia untuk memberikan pelatihan digital secara virtual kepada sekitar 700 ibu AHS dan Warung Anak Sehat dari berbagai kota di Indonesia," sambungnya.

Baca juga: Asuransi Tugu Bukukan Laba Bersih Rp 235 Miliar di Kuartal III

Program AQUA Home Service (AHS) merupakan unit bisnis Danone-AQUA yang bertujuan untuk memberdayakan para ibu rumah tangga, dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan mendapatkan pemasukan dengan berjualan AQUA galon.

Sedangkan program Warung Anak Sehat (WAS) merupakan program dari Danone Specialized Nutrition yang berkaitan untuk memberikan pembinaan kepada ibu pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar (SD).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program WAS diharapkan bisa membantu pelaku usaha kecil (kantin sekolah) membangun kesadaran dan pentingnya gaya hidup sehat terutama untuk anak usia 5-12 tahun, dan membantu anak Indonesia menjadi generasi maju melalui penyediaan variasi pangan sehat.

Dia menjelaskan materi yang diberikan dalam program ini adalah edukasi terkait pemanfaatan teknologi digital untuk optimalisasi bisnis seperti penggunaan media sosial dan fitur Google My Business, membangun kesiapan mental berwirausaha, dan penguatan business mindset yang disusun dalam 4 modul dan disampaikan secara bertahap selama bulan Oktober hingga November.

"Dalam program ini kami membagi peserta dalam beberapa batch dan diberikan sesi tanya jawab secara intensif dan berbagai kisah sukses para perempuan pelaku UMKM agar peserta termotivasi mengikuti jejak sukses mereka,” kata dia.

Sementara itu, Product Marketing Manager Google Indonesia Dora Songco mengatakan, program Womenwill ini merupakan program digital untuk pemberdayaan ekonomi wanita di seluruh dunia.

Dia juga bilang program ini diciptakan untuk membuat peluang ekonomi bagi wanita di seluruh dunia, sehingga mereka dapat berkembang dan berhasil.

"Indonesia merupakan negara yang sangat kuat kewirausahaannya, untuk itu kami berkomitmen membantu wanita memaksimalkan teknologi untuk mengasah keterampilan, mendapatkan inspirasi, dan terhubung satu sama lain melalui pelatihan, acara, dan advokasi," jelasnya.

Dia berharap dengan adanya program tersebut, para pelaku UMKM perempuan dapat menjalankan usahanya dari rumah sambil menerapkan ilmu pemasaran secara digital untuk memperluas pasar sehingga dapat mengoptimalkan bisnis mereka.

Baca juga: Ini Keuntungan IK-CEPA bagi Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.