KILAS

Dengar Kisah Sukses Penerima Kartu Prakerja, Moeldoko Minta Anak Muda Tetap Semangat Berkarya

Kompas.com - 18/12/2020, 17:45 WIB
Silaturahim antara 11 penerima Kartu Prakerja dengan Moeldoko di Kantor Staf Presiden di Jakarta, Kamis (17/12/2020).
DOK. Manajemen Pelaksana Kartu PrakerjaSilaturahim antara 11 penerima Kartu Prakerja dengan Moeldoko di Kantor Staf Presiden di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

KOMPAS.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berharap, cerita sukses para penerima Kartu Prakerja dapat menginspirasi anak-anak muda lain untuk tetap semangat berkarya di tengah pandemi Covid-19.

Terlebih, pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan program Kartu Prakerja pada tahun anggaran 2021.

“Belajar dari pengalaman selama tahun 2020 maka manajemen pelaksana diharapkan dapat melakukan perbaikan dan penyempurnaan program,” ungkapnya.

Dia mengatakan itu saat bersilaturahim dengan 11 penerima Kartu Prakerja di Kantor Staf Presiden di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Adapun, kesebelas penerima Kartu Prakerja ini datang dari berbagai kota di seluruh Indonesia, mulai Banda Aceh, Jayapura, Nunukan, hingga Rote, dengan latar belakang pekerjaan yang beragam.

Baca juga: Menko Airlangga Berharap Kisah Sukses Penerima Kartu Prakerja Menginspirasi Anak Muda

“Saya senang mendengar kisah-kisah para penerima Kartu Prakerja ini yang menunjukkan tekad untuk maju walaupun dalam masa pandemi,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Moeldoko menyebut, mereka tidak sekedar menunggu bantuan, tetapi secara aktif mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja dan mengambil berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan diri.

Ia juga menyebut, satu hal yang sangat menonjol dari program ini adalah daya jangkaunya yang sangat luas, sebab dapat menembus hingga 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi se-Indonesia.

“Ini hanya bisa terjadi karena program ini sepenuhnya dilakukan secara digital,” tukasnya.

Baca juga: Pencairan Insentif Kartu Prakerja Bisa Lewat Dana, Begini Caranya

Pada tahun pertama pelaksanaannya, Program Kartu Prakerja berhasil menjalankan misi gandanya, yakni meningkatkan keterampilan kerja sekaligus menjadi penyangga ekonomi bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X