Ini 5 Miliarder Dunia yang Hartanya Melesat di Tengah Pandemi

Kompas.com - 19/12/2020, 10:44 WIB
CEO Tesla, Elon Musk. Getty Images via DW IndonesiaCEO Tesla, Elon Musk.

NEW YORK, KOMPAS.com - Tahun 2020 merupakan tahun yang sulit bagi sebagian besar orang akibat adanya pandemi Covid-19 yang terjadi secara global. Ekonomi tertekan karena kebijakan pembatasan wilayah (lockdown) guna mencegah transmisi virus corona.

Meski demikian, ternyata pandemi tak selalu membuat keuangan seseorang terpuruk, setidaknya itu yang terjadi pada para miliarder dunia. Beberapa miliarder malah mencatatkan lonjakan kekayaan di tengah tekanan Covid-19.

Melansir Forbes, Sabtu (19/12/2020), dari 2.200 miliarder di dunia, sebanyak 60 persen diantaranya menjadi lebih ka di 2020. Sementara 36 persen diantaranya harus terima kekayaannya tergerus.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Para MIliarder Dunia Tambah Kaya Rp 26.790 Triliun

Ada lima miliarder yang mencatatkan lonjakan kekayaan tertinggi pada tahun ini yakni CEO Tesla Elons Musk, CEO Amazon Jeff Bezos, CEO LVMH Bernard Arnault, pendiri perusahaan minuman Nongfu Spring, Zhong Shanshan, serta Pendiri Quicken Loans, Dan Gilbert.

Jika di total dari peningkatan harta mereka, maka nilainya mencapai 310,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 4.378 triliun (asumsi kurs Rp 14.100 per dollar AS).

Berikut daftar para miliarder dunia yang berhasil menambah pundi-pundi kekayaan di tengah pandemi:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Elon Musk

Musk menjadi miliarder dengan lonjakan kekayaan tertinggi di tahun ini. Ia mengawali 2020 dengan kekayaan bersih sebesar 26,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 375 triliun.

Namun, kinerja perusahaan mobil listriknya, Tesla, secara konsisten berhasil melampaui ekspetasi analis, dan perkembangan teknologi yang dicetuskan Musk membuat banyak investor tertarik menanamkan dana di perusahaannya.

Nilai saham Tesla bahkan telah meningkat tujuh kali lipat di sepanjang tahun. Kenaikan ini tentu menguntungkan Musk hingga kekayaannya menjadi sebesar 136,9 miliiar dollar AS atau sekitar Rp 1.930 triliun pada pertengahan Desember 2020.

Dengan demikian, sepanjang tahun ini Musk mengalami lonjakan kekayaan sebanyak 110,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.555 triliun.

Halaman:


Sumber Forbes
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.