Gaji Rp 3 Jutaan Mau Punya Kartu Kredit? Ini Tips Memilihnya

Kompas.com - 19/12/2020, 14:23 WIB
Ilustrasi kartu kredit. ThinkstockIlustrasi kartu kredit.

KOMPAS.com - Memiliki kartu kredit, sudah terbayang enak dan mudahnya dalam bertransaksi keuangan. Praktis dibawa ke mana-mana, dan banyak manfaatnya.

Ingin banget punya kartu kredit. Biar tidak ribet bawa uang tunai. Kalau mau bayar tinggal gesek dari mesin EDC, selesai. Tagihan datang setiap bulan. Pakai sekarang, bayar belakangan.

Tetapi perlu diingat, kalau ingin membuat atau mengajukan kartu kredit sebaiknya sesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Jangan sampai nantinya punya ‘kartu sakti,’ malah bikin tekor dan menjadi beban keuangan.

Oleh sebab itu, cermat sebelum membuat kartu kredit. Berikut tips memilih dan membuat kartu kredit yang sesuai dengan finansialmu, terutama yang bergaji Rp 3 jutaan, seperti dikutip dari Cermati.com.

Sesuaikan limit dengan gaji

Limit kartu kredit besar memang menggoda. Tetapi sebenarnya limit besar bak ‘setan’ yang akan menjerumuskanmu pada masalah besar jika menuruti hawa nafsu.

Umumnya, bank akan menawarkan limit kartu kredit dua sampai tiga kali lipat dari gajimu. Misal gaji Rp 3 juta, kamu bisa mendapat tawaran limit Rp 6 juta sampai Rp 9 juta.

Tetapi bukan berarti kamu harus mengambil semua limit yang ditawarkan pihak bank. Buat orang yang gelap mata, tanpa mikirin gaji atau penghasilan yang cuma Rp 3 juta, limit gede sudah disikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun jika ingin sesuai dengan kondisi finansial, maka ambil limit di bawah gaji atau minimal sama.

Bijak dalam menggunakan kartu kredit di batas wajar. Selain itu, pastikan tagihannya tidak lebih besar dari gaji bulanan agar terhindar dari risiko gagal bayar.

Sesuaikan dengan gaya hidup

Kalau gaji hanya Rp 3 jutaan, gaya hidup tak usah ala sultan. Sederhana saja. Yang penting kebutuhan prioritas terpenuhi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.