Meski Pandemi, Jumlah Investor Bursa di Jabar Tumbuh Pesat

Kompas.com - 19/12/2020, 18:44 WIB
Ilustras: Suasana perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustras: Suasana perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

BANDUNG, KOMPAS.com – Meski dihantam pandemic Covid-19, jumlah investor di Jawa Barat dari Januari-November 2020 tumbuh sangat menggembirakan.

“Alhamdulillah, jumlah investor atau SID (Single Investor Identification) di Jawa Barat selama Januari-November 2020 bertambah 75.466 investor baru,” ujar Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Jawa Barat Reza Sadat Shahmeini saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/12/2020).

Angka tersebut, sambung Reza, jauh melampaui pencapaian penambahan jumlah investor di tahun 2019 sebanyak 42.151 Investor baru.

Pada tahun 2020, rata-rata pertumbuhan jumlah investor di Jabar perbulannya sebanyak 3.513 investor baru.

Baca juga: Ini Klarifikasi Ditjen Pajak soal Transaksi di Bursa Kena Bea Meterai Rp 10.000

Namun sejak Juni, setiap bulannya terjadi pertumbuhan investor yang sangat signifikan.

Selama Juni, investor bertambah 7.266 investor baru, di bulan September angka pertumbuhan investor kembali mengalami lompatan ke angka 10.271 investor baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada November 2020, angka pertumbuhan jumlah investor di Jawa Barat kembali mengalami lompatan yang sangat signifikan ke angka 19.428 investor baru.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah investor, nilai transaksi saham di Jabar juga mengalami pertumbuhan yang sangat menggembirakan.

“Selama tahun 2020 ini (Januari-November) nilai transaksi saham di Jawa Barat telah tembus angka Rp 200 triliun,” ungkap Reza.

Angka ini meningkat signifikan jika dibandingkan transaksi selama tahun 2019 yang tercatat sebesar Rp 93 triliun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.