Pelabuhan Patimban Diresmikan Besok dengan Ekspor Perdana 140 Unit Mobil

Kompas.com - 19/12/2020, 20:45 WIB
Uji coba bongkar muat kendaran bermotor di Pelabuhan Patimban KemenhubUji coba bongkar muat kendaran bermotor di Pelabuhan Patimban

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Internasional Patimban di Subang, Jawa Barat bakal diresmikan atau soft launching besok, Minggu (20/12/2020). Dalam peresmian tersebut sekaligus akan dilakukan pengoperasian perdana Patimban.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pun terus melakukan persiapan akhir guna memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

"Pembangunan car terminal Pelabuhan Internasional Patimban telah selesai dan siap dioperasikan secara terbatas," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus H. Purnomo dalam keterangannya, Sabtu (19/12/2020).

Baca juga: Jelang Pengoperasian, Pelabuhan Patimban Uji Coba Kirim 22 Mobil ke Belawan

Ia menjelaskan, bersamaan dengan kegiatan soft launching dan pengoperasian Patimban, akan dilaksanakan ekspor perdana kendaraan dari berupa kendaraan mobil berjumlah 140 unit dengan menggunakan Kapal MV Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

“Saat ini Kapal MV Suzuka Express telah sandar di Pelabuhan Patimban yang dikawal langsung oleh 2 Kapal Patroli milik KPLP, yaitu KN Alugara dan KN Celurit saat masuk alur laut Pelabuhan Patimban,” jelasnya.

Adapun MV Suzuka Express merupakan kapal berbendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki speed (heading) 14.6 Knots.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus pun berharap dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban akan semakin menghidupkan dan menggeliatkan aktivitas ekonomi nasional setelah tertekan akibat pandemi.

"Termasuk pula ekonomi bagi masyarakat di sekitar Patimban." kata dia.

Sekedar informasi, Patimban mulai dibangun 2018 dan ditargetkan selesai seluruhnya pada 2027. Saat ini sedang dilakukan pembangunan tahap pertama yang meliputi pembangunan area terminal, breakwater, seawall, dan pevetment, pembangunan back up area, jalan akses, dan jembatan penghubung.

Pada tahap pertama, Patimban akan memiliki kapasitas car terminal sebesar 218.000 CBU (Completely Built Up) dan kapasitas container terminal sebesar 250.000 TEUs dari total kapasitas kumulatif 3,75 Juta TEUs untuk tahap I secara keseluruhan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.