Buntut Antrean Mengular Rapid Test di Bandara Soetta, Ini Langkah AP II

Kompas.com - 20/12/2020, 06:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan mulai 21 Desember 2020 calon penumpang pesawat memiliki tiga alternatif layanan tes Covid-19 di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan tersedianya tiga alternatif rapid test ini untuk memberikan pilihan bagi calon penumpang pesawat agar dapat merencanakan tes Covid-19 dengan lebih baik, dan juga memecah penumpukan calon penumpang.

"Jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes di Airport Health Center Terminal 2 dan Terminal 3 meningkat dalam beberapa hari terakhir," kata Awaludin dilansir dari Antara, Minggu (20/12/2020).

"Karena itu kami mengembangkan layanan dengan menyediakan tiga alternatif dalam proses layanan test Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta," kata dia lagi.

Baca juga: Ini Tarif Rapid Test Antigen di 7 Bandara Indonesia

Alternatif pertama, calon penumpang pesawat dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu (pre-order service) untuk memilih jadwal tes di Airport Health Center Terminal 2 (Shelter Skytrain) atau Terminal 3 (area lounge umroh).

Pre-order ini dilakukan melalui aplikasi Travelation (https://travelation.angkasapura2.co.id) milik PT Angkasa Pura II.

"Aplikasi Travelation ini juga terkoneksi dengan aplikasi Indonesia Airports (INAirport)," jelas dia.

Alternatif kedua, calon penumpang pesawat dapat melakukan tes PCR atau rapid test antigen di dalam kendaraan secara drive thru (drive thru service) di tiga lokasi.

Baca juga: Biaya Test PCR di Bandara Soekarno-Hatta Paling Mahal Hampir Rp 1,4 Juta

Lokasi pertama sudah eksisting saat ini yaitu drive thru test di lapangan parkir area Terminal 3 domestik. Mulai 21 Desember 2020 akan ada lokasi kedua di area parkir Terminal 1B, dan lokasi ketiga di area parkir Terminal 2D.

Alternatif ketiga, calon penumpang pesawat dapat langsung menuju Airport Health Center Terminal 3 (SMMILE Center) dan Terminal 2 (Shelter Skytrain) untuk melakukan tes (walk in service), seperti yang sudah dilakukan saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.