KILAS

Pandemi Pengaruhi Kelompok Rentan, TNP2K Sebut Kartu Prakerja Jadi Solusi Paling Relevan

Kompas.com - 20/12/2020, 12:37 WIB
Ilustrasi laman situs resmi Kartu Prakerja KOMPAS.com/Aditya MulyawanIlustrasi laman situs resmi Kartu Prakerja

KOMPAS.com – Kepala Kelompok Kerja Kebijakan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Elan Satriawan mengatakan, Kartu Prakerja menjadi solusi paling relevan untuk menolong masyarakat kelompok rentan di era Pandemi Covid-19.

Pasalnya, selain pelatihan, anggaran Kartu Prakerja banyak dialokasikan dalam bentuk bantuan tunai untuk membantu masyarakat kelompok rentan yang membutuhkan.

“Dalam situasi krisis seperti ini, instrumen yang penting dan efektif untuk memulihkan ekonomi adalah yang sifatnya meningkatkan daya beli,” papar Elan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/12/2020).

Untuk jangka pendek, kata Elan, Kartu Prakerja telah memberikan proteksi terhadap anjloknya daya beli masyarakat. Terlebih di waktu ekonomi sulit seperti ini, ketika kebanyakan masyarakat tidak memiliki jaminan cepat memperoleh pekerjaan.

Baca juga: Ramai soal Insentif Kartu Prakerja Disebut Berakhir dan Dilanjutkan 5 Januari 2021, Ini Penjelasannya

“Adapun untuk jangka menengah, program ini membuka kesempatan bagi penerima manfaat untuk meningkatkan keterampilan dengan mengikuti berbagai jenis pelatihan,” jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk jenis pelatihan yang ditawarkan, lanjut Elan, peserta dapat memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat masing-masing.

Menurutnya, adanya program pelatihan Kartu Prakerja ini sangat membantu masyarakat meningkatkan kompetensi dan kemampuan mereka melalui berbagai pelatihan yang tersedia.

Harapannya, dengan adanya pelatihan yang diberikan, para penerima manfaat semakin berpeluang terserap di bursa kerja dan mendapat pekerjaan lebih baik setelah merampungkan pelatihannya.

Baca juga: Dengar Kisah Sukses Penerima Kartu Prakerja, Moeldoko Minta Anak Muda Tetap Semangat Berkarya

“Namun, ini semua tetap tergantung juga pada sisi permintaan. Kalau ekonomi pulih, pertumbuhan ekonomi positif lagi, maka para penerima manfaat Kartu Prakerja tentu bisa berpeluang bekerja dengan pendapatan yang lebih baik," ujar Elan.

Lebih lanjut, Elan menerangkan, adanya rencana jangka pendek dan jangka panjang Kartu Prakerja menjadi bukti keseriusan pemerintah untuk membantu masyarakat di masa ekonomi sulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X