Kini Isi Token Meteran hingga Monitor Penggunaan Listrik Bisa Lewat Aplikasi Resmi PLN

Kompas.com - 21/12/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi membeli token listrik secara online Dok. ShutterstockIlustrasi membeli token listrik secara online

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) meluncurkan aplikasi resmi layanan pelanggan versi terbaru, bertajuk New PLN Mobile. Dalam aplikasi tersebut, perusahaan pelat merah itu menawarkan beberapa fitur baru.

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan, PLN Mobile memiliki beberapa fitur utama, yaitu pembelian token bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan paska bayar, monitor penggunaan listrik dan pembelian token.

"Ini merupakan bagian dari transformasi yang kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Tak hanya sekadar aplikasi, melalui New PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru serta kemudahan kepada pelanggan," tuturnya di Jakarta, Minggu (20/12/2020).

Baca juga: Pertamina Pasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap di 63 SPBU

Untuk memudahkan pembelian token, PLN juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa bank dan financial technology atau fintech.

Kemudian, aplikasi tersebut juga memungkinkan pelanggan untuk mengajukan layanan pengubahan daya, swadaya catat angka meter (Swacam) , serta layanan pengaduan pelanggan.

“PLN Mobile juga menjadi alat komunikasi PLN dengan pelanggannya. Saat mengajukan pengaduan, pelanggan akan mendapatkan informasi progres penyelesaian gangguan,” kata Darmawan.

PLN Mobile juga menggunakan teknologi geospatial, yang memungkinkan aplikasi untuk memberikan informasi terkait gangguan kepada pelanggan terdampak.

"Kami gunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat,” ucapnya.

Baca juga: Kelebihan Pasokan Listrik, Ini Langkah yang Dilakukan PLN



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X