Akhir Tahun Waktu Terbaik Cari Kerja, Ini yang Perlu Kamu Lakukan dari Sekarang

Kompas.com - 21/12/2020, 09:05 WIB
ilustrasi lowongan pekerjaan pixabay.comilustrasi lowongan pekerjaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya orang-orang enggan mencari pekerjaan pada bulan Desember, saat musim liburan tiba dan semua perusahaan dalam proses tutup buku.

Namun karena pandemi Covid-19, kamu bisa memanfaatkan masa liburanmu yang di rumah saja, menjadi lebih produktif. Salah satunya adalah tetap mencari pekerjaan.

Memang, waktu terbaik mencari pekerjaan adalah pada bulan Januari dan Februari, 2 bulan pertama di awal tahun. Namun apa yang kamu lakukan pada Desember ini bisa jadi penentunya.

Baca juga: BUMN Konstruksi Ini Buka Lowongan, Simak Syarat dan Caranya

Mengutip CNBC Make It, Senin (21/12/2020), inilah yang harus kamu lakukan sekarang untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan impian pada 2021.

1. Perbaiki resume dan profil LinkedIn-mu

Pastikan kamu memperbaiki tampilan dan isi dalam resume-mu. Perbaiki juga profil linkedIn.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa aktifitas yang kamu lakukan saat ini? Mengerjakan proyek berbayar? Melakukan kerjaan sampingan? Melakukan pekerjaan sukarela? Atau kursus online untuk lebih meningkatkan keterampilan profesionalmu?

Apapun aktivitas yang kamu lakukan, patut disebutkan jika itu bakal menguntungkanmu. Aktifitas produktif itu akan membuatmu lebih menonjol dibanding kandidat lainnya.

2. Tingkatkan jaringanmu

Saat pandemi, nampaknya kamu perlu menghubungi mereka yang selama ini jarang dikontak. Mereka akan lebih mudah dihubungi saat pandemi. Ini adalah kesempatan sempurna untuk terhubung kembali dengan mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.