Kompas.com - 21/12/2020, 15:12 WIB
Antrean penumpang pesawat yang hendak melakukan Rapid Tes Antigen di Shelter Kalayang Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (21/12/2020) Kompas.COM/MUHAMMAD NAUFALAntrean penumpang pesawat yang hendak melakukan Rapid Tes Antigen di Shelter Kalayang Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (21/12/2020)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah memfinalisasi surat edaran (SE) terbaru, terkait penyelenggaraan sarana dan prasarana transportasi selama masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan rencananya SE tersebut akan rampung dan diterbitkan hari ini, Senin (21/12/2020).

"Besok diberlakukan," ujarnya kepada Kompas.com, Senin.

Baca juga: Defisit APBN Hingga Akhir November 2020 Capai Rp 883,7 Triliun

Salah satu poin utama yang akan dicantumkan dalam SE itu ialah kewajiban kepemilikan hasil rapid test antigen bagi angkutan umum laut, udara, dan perkeretaapian.

Ketentuan ini sejalan dengan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Satgas Covid-19 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Hari Libur Hari Raya Natal Dan Menyambut Tahun Baru 2021.

"Angkutan umum darat selain masuk ke Bali sifatnya imbauan," ujar Adita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Simak Jadwal Operasional BCA Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Bukan hanya angkutan umum, SE yang akan diterbitkan oleh Kemenhub juga akan mengatur terkait pergerakan kendaraan pribadi.

Sesuai dengan SE Satgas Covid-19, kendaraan pribadi yang akan memasuki wilayah Pulau Bali akan diwajibkan menyertakan kepemilikan hasil negatif rapid test antigen.

Sementara untuk transportasi kendaraan pribadi menuju wilayah lainnya hanya diimbau untuk memiliki hasil rapid test antigen.

"Tapi sewaktu-waktu bisa dilakukan random check bagi transpotasi darat dan pribadi yang dilaksanakan oleh satgas daerah," ucap Adita.

Baca juga: Bakal Jadi Wali Kota Solo, Berapa Kekayaan Gibran?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.