Ekonomi Mulai Pulih, Apakah Obligasi Korporasi Masih Menarik?

Kompas.com - 21/12/2020, 18:46 WIB
Ilustrasi Obligasi KOMPAS/LASTI KURNIAIlustrasi Obligasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi pandemi Covid-19 memang belum terselesaikan hingga ke akar.

Namun, munculnya vaksin Covid-19 berpeluang mempercepat pemulihan ekonomi domestik.

Lalu, bagaimana dengan prospek obligasi korporasi tahun depan? Apakah masih menarik untuk menjadi bagian portofolio investor?

Baca juga: Sepanjang 2020 Kinerja Pasar Obligasi Ciamik, Bagaimana Tahun Depan?

Director & Chief Investment Officer, Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Ezra Nazula mengatakan, obligasi korporasi masih menarik untuk menjadi bagian dalam portofolio investor di tahun depan.

Obligasi korporasi masih menarik karena menawarkan imbal hasil lebih tinggi dibanding obligasi pemerintah dengan tenor sama sehingga dapat menjadi kicker tambahan bagi kinerja portofolio,” kata Ezra dalam siaran pers, Senin (21/12/2020).

Selaras dengan pergerakan pasar obligasi pemerintah, obligasi korporasi juga bisa menangkap upside dari potensi penurunan yield obligasi.

“Namun investor harus memperhatikan risiko gagal bayar pada obligasi korporasi, yang dapat terjadi apabila kondisi keuangan emiten tidak sehat,” jelas Ezra.

Baca juga: Ini Persyaratan Perjalanan Antar Wilayah Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Untuk memitigasi risiko ini analisa fundamental menjadi sangat penting dalam pemilihan obligasi korporasi.

Maka dari itu, investor perlu secara reguler melakukan pemantauan pada emiten yang ada dalam portofolio untuk memastikan kondisi emiten tetap sehat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X