BTN Siapkan Dana Tunai Rp 19,9 Triliun untuk Kebutuhan Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 21/12/2020, 21:27 WIB
Ilustrasi BTN. Dok. BTNIlustrasi BTN.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan dana senilai Rp 19,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat di masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman mengatakan, dana tunai tersebut disiapkan perseroan sebagai upaya mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai pada masyarakat selama 14 hari ke depan.

"Kami proyeksikan total dana tunai yang disiapkan tersebut dapat menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah selama 14 hari, terhitung dari 21 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021,” ujar Ari dalam keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Kembangkan Rumah Rendah Emisi, BTN Dapat Pembiayaan hingga 100 Juta Euro dari Perancis

Selama masa libur panjang tersebut, BTN memproyeksikan ada kebutuhan dana kas sebesar Rp 1,42 triliun per hari.

Kebutuhan likuiditas tersebut mencapai 1,35 kali dari maksimal likuiditas kantor cabang.

Ari menjelaskan, dari total dana yang disiapkan emiten bersandi saham BBTN tersebut, sebanyak 25 persen atau setara Rp 4,9 triliun dialokasikan untuk mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kemudian, sekitar 75 persen sisanya atau setara Rp 14,9 triliun dialokasikan untuk kas kantor cabang, kantor cabang pembantu, dan kantor kas Bank BTN.

Menurut dia, alokasi dana tersebut telah memperhitungkan peningkatan transaksi digital channel delivery Bank BTN.

Baca juga: BTN Gaet 400.000 Nasabah dalam Program Loyalitas

Perseroan juga telah memperhitungkan pengurangan jumlah hari libur.

Ari memastikan, BTN akan terus mengoptimalkan layanan bagi para nasabah dengan ketersediaan uang tunai pada libur panjang akhir tahun.

"Nasabah juga dapat dengan mudah menggunakan fasilitas mobile banking Bank BTN kapan saja, dimana saja dengan mudah dan cepat untuk menambah kenyamanan dalam bertransaksi, khususnya selama liburan berlangsung,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X