2021, Ekonomi Indonesia Diprediksi Bisa Tumbuh 4,4 Persen

Kompas.com - 22/12/2020, 12:06 WIB
Ilustrasi perekonomian Indonesia. Shutterstock/David CarilletIlustrasi perekonomian Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro memproyeksikan, ekonomi Indonesia akan tumbuh 4,4 persen pada tahun 2021.

Sementara 2020 menurut dia, ekonomi Indonesia mengalami kontraksi di level -1,5 persen hingga 2,2 persen.

"Kalau kita lihat secara trajektori dari kuartal ke kuartal tahun 2020 lebih baik. Secara bottom line kita sudah melewati batas yang paling rendah. Tapi kuartal IV 2020 kemungkinan terkontraksi lagi sebelum tumbuh 4,4 persen (2021)," kata Andry Asmoro dalam paparan virtual Proyeksi Ekonomi Bank Mandiri, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Ada Vaksin Covid-19, Apindo Proyeksi Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh Hingga 5 Persen di 2021

Pria yang akrab disapa Asmo ini menuturkan, pertumbuhan ekonomi sebesar 4,4 persen itu akan tercapai bila ditopang oleh efektifitas vaksin dan distribusinya.

Bahkan bila berjalan baik, ada kemungkinan ekonomi bisa tumbuh lebih dari 4,4 persen.

"Dalam setiap diskusi ada potensi up side dari 4,4 persen di 2021. Namun syaratnya pandemi selesai paling tidak di Indonesia. Kemudian yang jadi game changer adalah bagaimana efektifitas dari vaksin dan distribusinya," sebut Asmo.

Asmo menyebut, penemuan vaksin yang terbukti ampuh serta distribusinya yang meluas akan meningkatkan rasa percaya diri masyarakat dan dunia usaha untuk mengekspansi bisnisnya.

Adapun saat ini, Asmo memandang saat ini Indonesia tengah memasuki fase bertahan (survival) dan fase pemulihan (recovery).

Hal tersebut tak lepas dari perkembangan positif selama tahun 2020, antara lain disahkannya UU Cipta Kerja yang memperbaiki iklim investasi, perbaikan harga komoditas seperti kelapa sawit, batubara, dan karet; serta akomodatifnya kebijakan fiskal dan moneter.

"Pemulihan dan penanganan kesehatan jadi hal yang paling utama agar ekonomi dan bisnis berjalan baik, lagi-lagi kita asumsikan jika penanganan Covid-19 berserta vaksinasi berhasil," katanya.

Baca juga: Pemerintah Yakin Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 5 Persen pada 2021



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X