Santer Isu Resuffle Kabinet, Pasar Bakal Respons Positif Atau Negatif?

Kompas.com - 22/12/2020, 14:06 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCK/GLOBALNEWSARTIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo dipastikan bakal segera merombak (resuffle) menteri Kabinet Indonesia Maju.

Isu perombakan ini semakin kencang menyusul dua menteri dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Muncul pula prediksi bahwa Presiden Joko Widodo akan membongkar pasang beberapa kursi menteri lainnya.

Baca juga: Indonesia Resesi, Jokowi Dinilai Perlu Reshuffle Kabinet

Lantas, seberapa jauh pasar akan merespon perombakan kabinet Indonesia Maju itu?

Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro mengakui, pihaknya belum mengetahui pasti perombakan kabinet seberapa berpengaruh pada kondisi pasar yang mulai pulih akibat pandemi Covid-19.

Namun yang pasti, tumbuhnya ekonomi akan sangat dipengaruhi oleh kepercayaan pasar, baik kepercayaan masyarakat, investor, maupun dunia usaha.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau isu digantinya Menteri Kesehatan saya enggak mengerti, terus terang saya no comment. Intinya begini, bahwa perekonomian juga butuh ada kenaikan peningkatan dari confidence (kepercayaan)," kata Andry Asmoro dalam paparan virtual Proyeksi Ekonomi 2021 Bank Mandiri, Selasa (22/12/2020).

Pria yang akrab disapa Asmo ini menuturkan, peningkatan kepercayaan pasar akan lebih ditopang oleh penanganan Covid-19 yang lebih baik pada 2021 mendatang.

Baca juga: Bicara Soal Pentingnya Data, Ahok: Saya Harap Tidak Ada Lagi Gara-gara Sembako Menteri Ketangkep

Jika kabinet Indonesia Maju yang sudah diisi dengan nama-nama baru bisa membuat terobosan dalam penanganan krisis kesehatan ini, tentu kepercayaan pasar juga akan meningkat.

"Kita coba bayangkan dalam tiga bulan ke depan, ada penambahan kasus Covid-19 cuma 100 orang maksimal misalnya, pasti orang-orang akan boosting mobilitas dan konfiden juga. Jadi konfiden itu ujungnya adalah penanganan yang relatif lebih baik," pungkas Asmo.

Sebelumnya diberitakan, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengatakan, reshuffle Kabinet Indonesia Maju dipastikan segera dilakukan.

Baca juga: Singgung Korupsi, Menteri KP Ad Interim Ingatkan Uang dan Pangkat Bukan Kunci Bahagia

Namun, dirinya tak bisa memastikan waktu perombakan tersebut. Apakah akan dilakukan sebelum pergantian tahun atau pada 2021, Donny tak menyebut secara pasti.

Meski demikian, Donny membenarkan bahwa sejumlah nama saat ini santer disebut media telah dihubungi secara intens oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya hanya bisa katakan segera," ujar Donny saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/12/2020).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.