Selama Pandemi, Minat Milenial untuk Berinvestasi Naik 2 Kali Lipat

Kompas.com - 22/12/2020, 17:54 WIB
Ilustrasi Milenial Berinvestasi ShutterstockIlustrasi Milenial Berinvestasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Head of Marketing & Retail PT Indo Premier Sekuritas Paramita Sari mengatakan, di tengah mewabahnya pandemi Covid-19, ternyata minat para investor untuk berinvestasi di pasar modal malah meningkat signifikan.

Bahkan, dia menyebut, investor milenial meningkat signifikan.

"Kita melihat justru selama pandemi peningkatannya drastis hampir dua kali lipat, mereka berasal dari kaum milenial yang berusia 20-30 tahun," ujar Paramita dalam Focus Group Discussion Tren Investasi di Masa Pandemi yang disiarkan secara virtual, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Banyak Peluang Kerja, Milenial Disarankan Dalami Bidang IT

Menurut Paramita, hal ini didorong keadaan pasar saham di Indonesia yang menunjukkan adanya kenaikan harga saham alias rebound.

"Angkanya pun mencapai level 6.000, frekuensi perdagangan bursa efek Indonesia dan value-nya juga meningkat yang didominasi oleh investor ritel," ucap Paramita.

Paramita menambahkan, di tahun-tahun sebelumnya, pasar modal Indonesia didominasi oleh asing dan sektor ritel yang kecil, kini malah sebaliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia pun menyakini ke depannya prospek saham di Indonesia bisa kembali membaik.

"2021 kita optimistis keadaan saham kita membaik," ucap dia.

Baca juga: Generasi Milenial, Yuk Jadikan Kebebasan Finansial sebagai Resolusi Tahun Baru

Paramita menyebut, faktor yang membuat minat investasi milenial meningkat adalah banyaknya waktu luang yang dimiliki oleh masyarakat yang membuat mereka suka mencari berbagai informasi.

Salah satunya informasi seputar investasi dan saham.

Dengan adanya waktu luang ditambah meningkatnya kesadaran masyarakat akan berinvestasi, membuat kaum milenial akhirnya mau belajar dan berminat untuk melakukan investasi.

"Mereka mulai sadar di keadaan sekarang harusnya ada tabungan, ada investasi. Makanya ketika lagi ada waktu luang, mereka mulai mencari berbagai informasi dan salah satunya mengenai saham dan investasi seperti ini," jelas Paramita.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X