Menteri Suharso Sebut Sektor-sektor Ini Jadi Tren Selama Pandemi

Kompas.com - 22/12/2020, 18:00 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sampaikan proyeksi Indonesia tetap menjadi upper-middle income countries pada 2021. (Dok. Kementerian PPN/Bappenas) Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sampaikan proyeksi Indonesia tetap menjadi upper-middle income countries pada 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebutkan, terdapat sektor-sektor yang justru menjadi tren di masa pandemi Covid-19.

"Kita tahu juga, ada sektor-sektor ekonomi menjadi the winner dalam keadaan seperti ini. Misalnya e-commerce, logistik, food delivery, teknologi, obat-obatan, streaming service, ekonomi kreatif, bahkan tanaman hias, dan anggrek menjadi sesuatu tren yang baru," ujarnya secara virtual dalam Webinar Outlook Pembangunan 2021, Selasa (22/12/2020).

"Tanaman kaktus, saya lihat sekarang orang banyak suka merawat kaktus di rumahnya, bahkan di kamar-kamar gitu, sudah diperlakukan seperti baby. Ini sebuah tren baru di masa work from home, stay at home," sambung dia.

Baca juga: Budi Gunadi Sadikin Jadi Menkes, Ini Respons Kementerian BUMN

Di sisi lain, pada tahun 2021, dipastikan merupakan tahun pemulihan ekonomi dan reformasi sosial. Suharso mengatakan bahwa pemerintah akan bekerja lebih ekstra dari biasanya.

"Kami tidak bisa lagi yang bekerja secara konvensional, tetapi bekerja lebih extraordinary. Kami mendorong, memperkuat industri manufaktur, pariwisata dan investasi yang tentu didasarkan pada keunggulan wilayah masing-masing. Mendorong sentra-sentra ekonomi baru skala kecil dan menengah yang tersambung antar konektivitas wilayah," ujarnya.

Paling penting menurut dia adalah bagaimana pemerintah berupaya mengatur ulang sistem kesehatan nasional, sistem bencana, sistem ketahanan, dan sistem pengamanan nasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dua Kali Jabat Menteri Perdagangan, Ini Profil Muhammad Lutfi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.