Bappenas: Butuh Investasi Rp 5.900 Triliun untuk Capai Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen

Kompas.com - 22/12/2020, 21:15 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi bidang Ekonomi Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti menilai perekonomian Indonesia bisa tumbuh sebesar 5 persen pada 2021.

"Di tahun 2021, ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 4,5 sampai dengan 5,5 persen atau di titik tengahnya sebesar 5 persen. Dengan proses pemulihan yang membentuk V Shape," kata dia dalam tayangan Webinar Outlook Pembangunan 2021, Selasa (22/12/2020).

"Sementara itu, untuk menggapai pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5 persen, dibutuhkan investasi sebesar Rp 5.800 sampai dengan Rp 5.900 triliun," tambahnya.

Baca juga: Pengusaha: Keputusan Jokowi Tunjuk Lutfi Jadi Mendag Sudah Tepat

Menurutnya, kontribusi investasi tahun depan nantinya akan bersumber dari sektor swasta.

Sementara itu, Bappenas meyakini di tahun 2021, investasi akan mengalami pemulihan sebesar 6,4 persen sehingga investasi terhadap perekonomian Indonesia akan memberikan kontribusi besar sebesar 31,5 persen.

"Kami juga berharap, peranan dari investasi domestik akan terus meningkat dengan nilai investasi PMA dan PMDN dari sektor industri pengolahan akan mencapai Rp 270 triliun," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, semua pencapaian tersebut lanjut Amalia, tentu tak lepas dari bakal direalisasikannya Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja nantinya.

Baca juga: Subsidi Pulsa untuk Guru dan Pelajar Dilanjutkan Tahun Depan



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X