Mau Liburan Tahun Baru Saat Pandemi? Siapkan Ini agar Tidak Menyesal

Kompas.com - 23/12/2020, 12:53 WIB
Ilustrasi liburan selama pandemi, wajib memakai masker dan patuhi protokol kesehatan Shutterstock/eggeeggIlustrasi liburan selama pandemi, wajib memakai masker dan patuhi protokol kesehatan

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, kenaikan kasus Covid-19 terus terjadi dan menyebabkan banyak wilayah menerapkan pembatasan.

Anda mungkin telah menyiapkan dan merancang perayaan tahun baru dengan tetap pergi berlibur ke suatu destinasi.

Namun, tentunya liburan di masa pandemi Covid-19 memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dalam kondisi sebelum pandemi.

Baca juga: Batal Liburan Akhir Tahun, Ini Cara Mengalihkan Dananya

Senior Manager Business Development Sequis Yan Ardhianto Handoyo mengatakan, akan lebih bijak bila berlibur di rumah atau dalam kota saja selama masa pandemi ini.

Jika dipaksakan, akan ada biaya ekstra, seperti biaya penginapan dan transportasi.

Yan berpendapat, lebih bijaksana jika dana ekstra dialokasikan untuk kepentingan yang lebih prioritas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Liburan dengan stay at home pun tetap bisa menyenangkan. Justru malah lebih bisa berhemat di tengah situasi pandemi dan ancaman resesi karena tidak ada biaya penginapan, transportasi, tiket masuk atraksi wisata, dan bisa memasak sendiri,” ujar Yan melalui siaran pers, Rabu (23/12/2020).

Kalaupun harus melakukan perjalanan ke luar kota, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan beberapa hal, seperti biaya liburan yang idealnya dipersiapkan jauh hari sebelumnya dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulan agar tidak mengganggu cash flow.

Baca juga: Tiket KA untuk Liburan Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan

Tidak ada patokan khusus yang harus disisihkan setiap bulannya untuk berlibur, tergantung seberapa besar perkiraan yang akan keluar untuk berlibur dan seberapa lama target untuk menyiapkannya.

“Sebaiknya hindari liburan spontan tanpa dana yang dipersiapkan sebelumnya. Jangan sampai demi memuaskan keinginan berlibur, Anda sampai mencairkan deposito dan reksa dana atau menjual perhiasan. Liburan yang terencana pun bisa meleset biayanya dari yang sudah dianggarkan. Apalagi, jika liburan spontan dilakukan saat pandemi yang banyak mengandung risiko baik kesehatan maupun finansial,” ujar Yan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.