Budi Gunadi Jadi Menkes, Faisal Basri: Jadi Secercah Harapan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 23/12/2020, 16:03 WIB
Budi Gunadi Sadikin DOK BNPBBudi Gunadi Sadikin

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesahatan ternyata disambut baik oleh Ekonom Senior UI Faisal Basri. Menurutnya, hal itu menjadi secercah harapan bagi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Ada secercah harapan penangannya (pandemi) akan lebih seksama dengan Pak Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan. Ini tidak ada presedennya, tapi ini memberikan secercah harapan karena dia tahu apa yang harus dia lakukan berdasarkan sains dan data," ujar Faisal dalam diskusi virtual Indef, Rabu (23/12/2020).

Ia menilai, Budi Gunadi merupakan sosok yang profesional dan memiliki karakter yang sigap dalam mengambil kebijakan untuk merespons permasalahan yang ada.

Baca juga: Ekonom Soroti Penunjukan Budi Gunadi Sadikin Jadi Menkes

Meski tak memiliki latar belakang di bidang kesehatan, namun Faisal meyakini, Budi Gunadi adalah orang yang mau belajar terhadap hal-hal yang baru, sehingga diyakini akan bisa beradaptasi dengan tugas barunya di Kementerian Kesehatan.

"Jadi dengan (Budi Gunadi) di bantu para ahli yang mumpuni, Insya Allah kita memiliki langkah yang lebih jelas untuk mengatas virus ini," kata dia.

Faisal pun menekankan, tugas terpenting bagi Menteri Kesehatan yang baru adalah menggenjot test Covid-19 dan contact tracing pasien, sehingga pencegahan dan penanganan bisa dilakukan dengan cepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, lanjut dia, Indonesia saat ini sedang memasuki tahap krisis dalam pandemi Covid-19. Lantaran kasus harian yang terus meningkat jumlahnya melampaui jumlah pasien yang sembuh, bahkan jumlah kematian terus meningkat.

Akibatnya sangat berisiko kapasitas kesehatan dalam negeri menjadi collapse, tak mampu menampung lonjakan pasien. Padahal dalam kondisi krisis kesehatan maka perekonomian juga akan sulit untuk bangkit.

"Jadi solusinya, yang kita harapkan dari Menteri yang baru, yakni testing di gencarkan, karena testing kita masih sangat kurang, dan tentuny dibarengi contact tracing," pungkas Faisal.

Sebagai informasi, Budi Gunadi sendiri bukanlah tokoh baru dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. Ia sudah mengemban jabatan sebagai Wakil Menteri BUMN sekaligus Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sebelum menjadi Wamen BUMN pada 2019, Budi Gunadi pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) sejak September 2017.

Baca juga: Profil Budi Gunadi Sadikin, Jebolan Fisika Nuklir, Bankir, Lalu Menkes



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.