Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Nataru, IPC Pastikan Operasional Pelabuhan Tetap Berjalan Normal

Kompas.com - 23/12/2020, 17:30 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC menjamin aktivitas dan operasional di semua pelabuhan yang dikelola berjalan normal selama masa libur dan cuti bersama akhir tahun.

Sekretariat Perusahaan IPC Ari Santoso mengatakan, sebagai bagian dari mata rantai logistik, IPC memastikan arus keluar masuk barang di pelabuhan tidak akan terganggu.

“Manajemen IPC sudah mengantisipasi ini jauh-jauh hari. Operasional di lapangan tidak akan terpengaruh musim libur dan cuti bersama akhir tahun,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Rupiah Berhasil Bangkit, Respons Positif Reshuffle Kabinet?

Lebih lanjut, Ari menjelaskan, dengan telah dikuranginya hari libur akhir tahun sebanyak tiga hari, aktivitas seluruh aparatur pemerintahan, termasuk pegawai ASN, dan BUMN tetap berjalan seperti biasa.

Selain itu, operasional semua pelabuhan yang dikelola IPC sudah memadukan aktivitas tenaga manusia dengan perangkat digital.

Melalui digitalisasi, IPC secara bertahap mengurangi ketergantungan tenaga manusia untuk operasional di pelabuhan, mulai dari ruang kendali (control tower), aktivitas di terminal atau dermaga, hingga pengawasan barang saat keluar pelabuhan.

“Bahkan untuk tracking atau pelacakan pergerakan barang, terutama petikemas, IPC sudah menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi. Digitalisasi membuat pengawasan atas pergerakan barang lebih mudah dan cepat,” ujar Ari.

Sebagian penerapan teknologi berbasis IT juga sudah digunakan bersama konsumen.

“Misalnya untuk booking layanan dan pembayaran. Semuanya sudah ada opsi cashless dan tidak ada pertemuan tatap muka,” ucap Ari.

Baca juga: Eximbank Dapat Suntikan 200 Juta Dollar AS dari Bank Korea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com