Sampoerna Daur Ulang Puntung Rokok Jadi Produk Industri Rumahan

Kompas.com - 23/12/2020, 22:16 WIB
Ilustrasi sampah plastik dan puntung rokok yang dikumpulkan di pantai Dok. Shutterstock/Will DayIlustrasi sampah plastik dan puntung rokok yang dikumpulkan di pantai

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk meluncurkan program uji coba riset daur ulang puntung rokok. Dalam program ini, Sampoerna bekerja sama dengan Waste4Change.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat mengatakan, untuk menjalankan komitmen tersebut, pihaknya senantiasa bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan mulai dari komunitas, masyarakat hingga pemerintah.

“Bagi kami, keberlanjutan merupakan salah satu aspek terpenting bagi kelangsungan perusahaan di mana lingkungan merupakan salah satu bagiannya. Program #PuntungItuSampah ini merupakan upaya kami dalam mengurangi dampak negatif lingkungan yang timbul dari hasil produksi, termasuk limbah pasca-konsumen,” ujar Ishak dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/12/2020).

Program #PuntungItuSampah diharapkan dapat mengurangi penumpukan sampah di lingkungan sekitar serta di tempat pembuangan akhir (TPA).

Baca juga: Nadine Chandrawinata: Selain Plastik, Sampah Puntung Rokok Juga Banyak Ditemukan di Laut

Sampah puntung rokok yang terkumpul nantinya akan diproses menjadi beberapa produk industri rumahan yaitu pengusir hama nabati untuk tanaman, bahan baku pembuatan produk berbasis beton, dan lain sebagainya.

Program ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan mengajak perubahan perilaku konsumen dewasa dan masyarakat luas mengenai sampah puntung rokok yang perlu dikelola dengan baik.

“Semangat yang kami miliki sejalan dengan Waste4Change dan kami berharap inisiatif bersama ini dapat memotivasi berbagai pihak untuk memahami lebih menyeluruh dan berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pengurangan dampak lingkungan,” kata Ishak.

Managing Director Waste4Change, Bijaksana Junerosano menambahkan, program daur ulang sampah puntung ini dilakukan melalui dua cara, yakni pengiriman via layanan Send Your Waste yang bisa dikirimkan ke Waste4Change Bekasi dan Waste4Change Sidoarjo dan penitipan pada dropbox #PuntungItuSampah yang tersebar di 6 titik di wilayah Jakarta.

Keenam titik tersebut, yakni KAUM, Komunal 88, Daiginjo, Three Buns, Toko Kopi Tuku Cipete, dan Toko Kopi Tuku BSD. Info detail mengenai penitipan dan pengiriman sampah puntung dapat dicek pada halaman resmi program daur ulang sampah puntung w4c.id/puntungitusampah.

“Kami mendukung niat Sampoerna melalui Sampoerna untuk Indonesia dalam mengelola sampah puntung rokok. Program ini akan bersama kami jalankan hingga Februari 2021 untuk melihat sistem terbaik dalam proses daur ulangnya,” kata Sano.

Baca juga: Berkat Sepatu Berbahan Ceker Ayam, Nurman Bisa Raup Omzet Rp 150 Juta



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X