Sandiaga: Lebih dari 40 Juta Lapangan Kerja Perlu Diselamatkan

Kompas.com - 24/12/2020, 05:23 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat serah terima jabatan di Kemenparekraf, Rabu (23/12/2020). Dok. KemenparekrafMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat serah terima jabatan di Kemenparekraf, Rabu (23/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pemerintah perlu menyelamatkan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Lebih dari 40 juta lapangan kerja yang perlu kita selamatkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya @sandiuno, Rabu (23/12/2020).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menilai butuh bantuan dari beberapa menteri untuk menyelamatkan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Oleh karena itu, Sandiaga bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Baca juga: Jadi Mendag, Muhammad Lutfi Dapat 3 Tugas dari Jokowi

"Karena kami harus berkolaborasi, segera kebijakan ini harus kami pastikan eksekusi yang tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat manfaat," kata dia.

Salah satu bantuan yang diharapkan Sandiaga yakni adanya insentif untuk investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sandiaga juga berharap kolaborasi jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju Jilid II bisa menciptakan lapangan kerja untuk rakyat Indonesia.

"Jadi, mudah-mudahan ini bisa langsung menjadi sumbangsih pertama darmabakti kami kepada kebangkitan ekonomi kita. Kepulihan kita dalam mengatasi Covid-19 dan kesempatan kita untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," kata dia.

Baca juga: Akibat Rokok Ilegal, Negara Rugi Rp 5 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.