Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 18 Lokasi Penjualan Telur Ayam Rp 24.000 per Kilogram

Kompas.com - 24/12/2020, 09:30 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian menyelenggarakan Gelar Telur Ayam Murah sebagai salah satu langkah untuk menyeimbangkan harga telur ayam yang melambung di akhir tahun ini.

Gelar Telur Ayam Murah tersebut dilakukan di 18 lokasi di DKI Jakarta dan Bogor pada 23 hingga 30 Desember 2020.

Berdasrakan unggahan @badanketahananpangan dijelaskan, konsumen yang ingin melakukan pembelian di 18 lokasi tersebut dibatasi hanya bisa membeli maksimal 2 kg telur ayam per orang.

Adapun harga yang dipasarkan adalah sebesar Rp 24.000 per kilogram. Harga tersebut lebih murah jika dibandingkan harga di pasaran yang saat ini mencapai Rp 30.000 per kilogram.

Baca juga: 5 Cara agar Peluang Karier Lebih Terbuka

Sebelumnya, Kepala Bidang Harga Pangan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) Inti Pertiwi mengatakan, Gelar Telur Ayam Murah tersebut merupakan upaya untuk menyeimbangkan antara permintaan dan penawaran di daerah-daerah yang memang cukup tinggi kenaikannya.

"Kebijakan kami saat ini adalah bagaimana mendistribusikan telur ayam yang ada di peternak ke konsumen. Sehingga kita ada di tengah, tidak merugikan produsen karena tetap harga yang menguntungkan, tapi ke konsumen juga tidak terlalu tinggi," ujar Inti kepada Kompas.com, dikutip Selasa (22/12/2020).

Oleh sebab itu, Kementan melakukan identifikasi untuk mengetahui wilayah mana saja yang saat ini tingkat produksi telur ayamnya sedang tinggi. Sebab saat produksi banyak, harga komoditas tersebut pun cenderung tidak terlalu mahal.

Nantinya telur ayam dari wilayah tersebut akan di distribusikan ke daerah-daerah yang memang memiliki kenaikan harga cukup tinggi. Namun, biaya pendistribusian tersebut ditanggung oleh pemerintah.

"Biaya distribusi itu kan akan menambah harga jual, tapi biaya distribusi ini ditanggung pemerintah, sehingga konsumen tidak dapat harga yang terlalu tinggi. Jadi pemerintah sekarang perannya distribusi," kata Inti.

Baca juga: Rincian Terbaru Harga Emas Batangan 0,5 Gram hingga 1 Kg di Pegadaian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com