Kompas.com - 25/12/2020, 06:22 WIB
Ilustrasi spbu Pertamina (dok. Pertamina) Ilustrasi spbu Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mencatat adanya peningkatan konsumsi BBM jenis Pertamax Turbo, di wilayah Jawa Bagian Barat (JBB) yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat pada periode menjelang Hari Raya Natal.

Executive General Manager Regional JBB Werry Prayogi mengatakan, konsumsi bensin dengan nomor oktan atau RON 98 meningkat hingga lebih dari 100 persen, yakni sebesar 660 kilo liter (KL), dari konsumsi harian normal yaitu sekitar 300 KL.

"Pola konsumsi seperti ini terjadi karena konsumen sudah makin bijak memilih bahan bakar yang bisa mendukung kinerja mesin kendaraan lebih baik, mengingat mereka harus menempuh perjalanan jauh," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (25/12/2020).

Baca juga: Bos Pertamina Beberkan Alasan Sektor Migas Defisit Meski Kelebihan Pasokan

Kenaikan konsumsi BBM juga terjadi di jenis diesel, yakni Dexlite dengan Cetane Number 51.

Werry menyebutkan, penjualan Dexlite meningkat sekitar 21 persen, ke level 290 KL dibandingkan konsumsi normal harian yakni sekitar 240 KL.

Melihat adanya peningkatan konsumsi BBM tersebut, Werry memastikan, pihaknya telah menyiagakan sejumlah layanan tambahan di jalur  Tol Jakarta - Cikampek,  Tol Kanci - Pejagan, hingga kawasan wisata jalur selatan Priangan Timur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah layanan Satgas Nataru yang sudah dapat digunakan masyarakat yang melintas di jalur tol dan wisata wilayah Jawa Bagian Barat yakni 10 unit SPBU kantong (mobile storage), 10 titik SPBU modular, 17 armada motorist Pertamina Delivery Service, serta 2 unit mobil tangki PTO (berdispenser).

"Selain SPBU, kami turut maksimalkan layanan tersebut untuk mempermudah masyarakat yang dalam perjalanan mendapatkan BBM," ucapnya.

Baca juga: Ini Jurus Pertamina Tekan Impor BBM dan Elpiji



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.