Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER DI KOMPASIANA] Jokowi Ganti Menteri | Larangan Ekspor Nikel | Resep Bubur Singkong

Kompas.com - 26/12/2020, 16:16 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Setiap kali adanya perombakan (reshuffle) kabinet, tentu saja, ada harapan yang rakyat inginkan: terutama perubahan.

Memang pada akhirnya setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan enam nama menteri barunya di Kabinet indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Pasalnya isu perombakan ini sudah mulai jadi perbincangan banyak kalangan setelah dua menteri ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun nyatanya tidak hanya dari dua kementerian itu saja, kementerian yang dianggap tidak bekerja dengan maksimal juga ikut dirombak.

Selain kabar mengenai pergantian jabatan meteri Jokowi, masih ada konten terpopuler dan menarik lainnya di Kompasiana dalam sepekan.

1. Erick, Sandi, dan Lutfi, 3 Sekawan yang Akan Bareng-bareng Membantu Pak Jokowi

Jika ada yang senang dari perombakan menteri jokowi, barangkali tulis Kompasianer Yupiter Gulo, adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

Ketika pengumuman 6 orang menteri baru oleh Jokowi, Erick mengunggah foto lawas pada akun istagram pribadinya: 3 sosok laki-laki muda dan seorang wanita.

"Kayaknya asik nih recreate foto ini bareng Bang Sandi dan Mas Lutfi. Dulu nongkrong bareng, berkarya bareng, sekarang bareng-bareng membantu Pak Jokowi," tulis Erick Thohir, sebagai captionnya.

Sangat mungkin sinergi tiga sekawan ini akan menghasilkan sesuatu yang inovatif bagi kemaslahatan masyarakat.

"Erick tidak muluk-muluk. Bila bareng-bareng semua hal bisa dilakukan dengan sukses. Kalau sendiri-sendiri mana bisa hebat. Jadi harus bareng-bareng," tulis Kompasianer Yupiter Gulo. (Baca selengkapnya)

2. Buah Larangan Ekspor Nikel, Investor Asing Serbu Indonesia

Dengan memutuskan tidak ekspor, bagaimana cara Indonesia mendapatkan nilai tambah dari nikel? Jawabannya: Indonesia melakukan program hilirisasi.

Setidaknya ada 31 perusahaan ditunjuk untuk membangun smelter. Semua perusahaan yang ditunjuk itu diminta mengolah bahan baku nikel menjadi feronikel, bahkan sampai ke bentuk stainless steel atau baja anti karat.

Lebih jauh, ada yang perlu kita pahami dan Indonesia siapkan dari sekarang: pada 2027, era kendaraan listrik akan dimulai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com