Ini 7 Orang Terkaya Indonesia dari Bisnis Kayu

Kompas.com - 29/12/2020, 07:25 WIB
Sebanyak 800 batang dan 50 kayu olahan jenis rimba di Desa Korek, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, disita aparat kepolisian, Kamis (16/1/2020). dok Polda KalbarSebanyak 800 batang dan 50 kayu olahan jenis rimba di Desa Korek, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, disita aparat kepolisian, Kamis (16/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama beberapa dekade, Indonesia menjadi salah satu pengekspor utama kayu dunia. Dahulu di era Orde Baru, orang mengenal Bob Hasan sebagai raja kayu.

Hingga saat ini, bisnis kayu dan produk turunannya masih menjadi salah satu industri andalan Indonesia. Selain dijadikan kayu olahan, kayu diolah menjadi bubur kertas atau pulp. Berikut ini daftar 7 orang terkaya Indonesia dari bisnis kayu:

1. Prajogo Pangestu

Nama Prajogo Pangestu atau Phang Djoem Phen sudah lama dikenal sebagai taipan perkayuan. Ia adalah pemilik dari konglomerasi kayu Barito Group.

Bisnis kayunya mulai berkibar di era Presiden Soeharto. Setelah menjadi konglomerat ternama, ia merambah bisnis properti, perkebunan sawit, dan petrokimia. Anaknya, Agus Salim Pangestu menjadi penerus bisnis Barito Group.

Baca juga: Deretan 5 Orang Terkaya Indonesia Berkat Batu Bara

Oleh Majalah Forbes, pria yang di tahun 2020 berusia 76 tahun ini dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia di urutan ke-3 dengan total kekayaan bersih sebesar 6 miliar dollar AS atau setara Rp 84,77 triliun (kurs Rp 14.120).

2. Putera Sampoerna

Putera Sampoerna atau Liem Tien Hie adalah orang terkaya Indonesia di urutan ke-13 versi Majalah Forbes dengan harta kekayaan sebesar 1,8 miliar dollar AS.

Setelah melepas mayoritas kepemilikan sahamnya di perusahaan rokok Sampoerna ke Philip Morris, kini ia lebih berfokus pada bisnis investasi lewat Sampoerna Strategic.

Bisnisnya sangat luas mulai dari kayu, perkebunan sawit, keuangan, telekomunikasi, dan properti. Untuk bisnis kayu sebagaimana dikutip dari laman resmi Sampoerna Strategic, Putera Sampoerna memiliki PT Sampoerna Kayu (Samko) yang terdaftar di Bursa Efek Singapura.

Baca juga: Ini 7 Konglomerat Pemilik Bank-bank Besar di Indonesia

 

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X