OJK: Sentimen Vaksin Dorong Stabilitas Sektor Keuangan, Meski Masih Banyak Tantangan

Kompas.com - 29/12/2020, 09:15 WIB
Logo OJK KOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKOLogo OJK

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan stabilitas sektor jasa keuangan tetap terjaga. Hal ini tak pelak karena mulai bergeraknya sektor riil dan sentimen positif dari vaksin.

"Informasi positif ini mendorong pasar keuangan global termasuk Indonesia menguat di bulan Desember," kata Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK, Anto Prabowo dalam siaran pers, Selasa (29/12/2020).

Selain vaksin, penguatan pasar saham menjelang akhir tahun juga ditopang oleh investor domestik. Dominasi tersebut dilihat dari masih keluarnya aliran modal asing (net sell) Rp 3,19 triliun (month to date/mtd).

Baca juga: OJK: 70 Persen UMKM Belum Tersentuh Lembaga Keuangan

Dengan kontribusi investor domestik, tercatat sampai 18 Desember 2020, IHSG menguat sebesar 8,76 persen (mtd) dan kembali di atas level 6.000.

"Penguatan juga terjadi pasar SBN dengan rerata yield SBN turun sebesar 28.3 bps mtd," ujar Anto.

Sementara itu, kinerja intermediasi keuangan juga masih sejalan dengan perkembangan perekonomian nasional. Dana Pihak Ketiga (DPK) di bulan November 2020 masih tumbuh relatif tinggi sebesar 11,55 persen yoy.

Di sisi lain, perbankan telah menyalurkan kredit baru sebesar Rp 146 triliun, kendati pelunasan kredit dan hapus buku tercatat masih lebih besar dari total kredit baru. Artinya secara keseluruhan, pertumbuhan kredit masih terkontraksi 1,39 persen yoy.

Anto bilang, kontraksi pertumbuhan kredit dipicu masih lemahnya permintaan kredit modal kerja.

"Pelemahan juga terjadi pada kredit investasi dan kredit konsumsi, khususnya di daerah-daerah yang termasuk dalam high risk penyebaran Covid 19," jelasnya.

Baca juga: OJK Tegaskan Tak Pernah Setujui PKPU Asuransi Jiwa Kresna

Adapun di Industri Keuangan Non-Bank (IKNB), piutang Perusahaan Pembiayaan juga terkontraksi sebesar -17,1 persen yoy, didorong oleh kontraksi pembiayaan jenis multiguna yang menjadi penyumbang terbesar dalam piutang pembiayaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X