Sri Mulyani: Di Tengah Krisis, Kinerja Perbankan Syariah Justru Stabil

Kompas.com - 29/12/2020, 09:52 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020). BPMI SetpresMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kinerja industri syariah justru stabil di tengah krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, kinerja perbankan syariah bahkan lebih tinggi bila dibandingkan dengan perbankan konvensional.

"Intermediasi perbankan nasional yang cenderung mengalami penurunan, namun kinerja perbankan syariah justru stabil dan tumbuh lebih tinggi dari perbankan konvensional," jelas Sri Mulyani dalam acara Sharia Business adn Academic Sinergy (SBAS) yang diadakan secara virtual, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: Berencana Tarik Dana dari Bank Syariah Indonesia, PP Muhammadiyah Tunggu RUPS

"Ini sejalan seiring seperti terjadi dalam suasana krisis pada tahun 2008 lalu," jelas Sri Mulyani.

Bendahara Negara itu menjelaskan, aset perbankan Syariah hingga September 2020 ini tumbuh 10,97 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah tersebut lebih tinggi bila dibandingkan dengan perbankan konvensional yang jumlah asetnya tumbuh 7,77 persen.

Sementara untuk total aset industri keuangan suariah hingga September 2020 mencapai Rp 1.710,16 triliun dengan market share mencapai 9,69 persen. Jumlah termasuk tidak termasuk dengan saham syariah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun bila dirinci, jumlah aset keuangan syariah tersebut terdiri atas aset perbankan syariah yang sebesar Rp 575,85 triliun, industri keuangan bukan bank Rp 111,44 triliun, dan pasar modal syariah sebesar Rp 1.022,87 triliun.

"Perkembangan industri keuanagn syariah hingga hari ini, selama tiga dasawarsa terakhir sejak berdirinya bank syariah pertama di tahun 1992 keuangan syariah berkembang cukup mengesankan," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.