Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips Cerdas Berburu Diskon Akhir Tahun Agar Tak Rugi

Kompas.com - 29/12/2020, 17:47 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Natal dan tahun baru kali ini kembali dimeriahkan dengan berbagai diskon menarik yang ditawarkan melalui Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.

Festival belanja online terbesar di Indonesia ini dirayakan setiap tahun dan diikuti oleh beragam e-commerce dan toko online tanah air.

Harbolnas diselenggarakan pada 11-12 Desember, sesuai dengan temanya yakni “12.12 Sale”.

Baca juga: Ini Alasan Orang Indonesia Tertarik Belanja Saat Harbolnas

Berbagai brand, e-commerce dan toko online pun turut memanjakan konsumen dengan beragam penawaran diskon spesial hingga 50 persen.

Akan tetapi, silaunya diskon kerap membuat orang kalap dan asyik belanja online, hingga lupa memperhitungkan ketersediaan dana untuk kebutuhan esensial lainnya.

“Memanfaatkan momen diskon ketika belanja online sah-sah saja, tapi kita harus cerdas menyikapinya. Jangan sampai belanja berlebihan tanpa memperhitungkan dana yang tersedia dan tersisa nantinya,” kata Asoka Remadja, seorang travel blogger dan influencer.

Selain memperhitungkan kebutuhan sehari-hari, sangatlah penting untuk mengantisipasi keperluan yang sifatnya tidak terduga dan berbiaya besar seperti ketika sakit, mengalami musibah, dan sebagainya.

Namun, banyak orang yang memang menantikan momen diskon belanja online untuk mendapatkan barang-barang impian.

Baca juga: Riset Nielsen: Transaksi Harbolnas 2020 Capai Rp 11,6 Triliun

Ada beberapa tips sederhana memanfaatkan diskon akhir tahun ala Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication Development Allianz Life Indonesia, sebagai berikut:

1. Buatlah daftar barang yang paling diinginkan

Banyak orang yang berburu diskon tanpa mengetahui seperti apa barang yang diinginkan atau dibutuhkan.

Alhasil, banyak yang membeli barang secara acak, yang pada akhirnya barang tersebut pun tidak digunakan dan menumpuk di rumah.

2. Melakukan riset kecil

Pelajari diskon, ketentuan berlaku yang ditawarkan, waktu yang tepat, dan platform atau toko online mana saja yang memberikan penawaran-penawaran terbaik.

Proses hunting ini nantinya berguna untuk mendapatkan barang yang diinginkan, sekaligus tetap menjaga pengeluaran. Jangan sampai “lapar mata” dan tidak bijak ketika belanja online.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com