Simak Tips Cerdas Berburu Diskon Akhir Tahun Agar Tak Rugi

Kompas.com - 29/12/2020, 17:47 WIB
Ilustrasi artisteerIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Natal dan tahun baru kali ini kembali dimeriahkan dengan berbagai diskon menarik yang ditawarkan melalui Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.

Festival belanja online terbesar di Indonesia ini dirayakan setiap tahun dan diikuti oleh beragam e-commerce dan toko online tanah air.

Harbolnas diselenggarakan pada 11-12 Desember, sesuai dengan temanya yakni “12.12 Sale”.

Baca juga: Ini Alasan Orang Indonesia Tertarik Belanja Saat Harbolnas

Berbagai brand, e-commerce dan toko online pun turut memanjakan konsumen dengan beragam penawaran diskon spesial hingga 50 persen.

Akan tetapi, silaunya diskon kerap membuat orang kalap dan asyik belanja online, hingga lupa memperhitungkan ketersediaan dana untuk kebutuhan esensial lainnya.

“Memanfaatkan momen diskon ketika belanja online sah-sah saja, tapi kita harus cerdas menyikapinya. Jangan sampai belanja berlebihan tanpa memperhitungkan dana yang tersedia dan tersisa nantinya,” kata Asoka Remadja, seorang travel blogger dan influencer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain memperhitungkan kebutuhan sehari-hari, sangatlah penting untuk mengantisipasi keperluan yang sifatnya tidak terduga dan berbiaya besar seperti ketika sakit, mengalami musibah, dan sebagainya.

Namun, banyak orang yang memang menantikan momen diskon belanja online untuk mendapatkan barang-barang impian.

Baca juga: Riset Nielsen: Transaksi Harbolnas 2020 Capai Rp 11,6 Triliun

Ada beberapa tips sederhana memanfaatkan diskon akhir tahun ala Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication Development Allianz Life Indonesia, sebagai berikut:

1. Buatlah daftar barang yang paling diinginkan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X