Kompas.com - 29/12/2020, 20:49 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga, saat menghadiri pertemuan Special ASEAN Economic Ministers on Covid-19 Response secara virtual. DOK. Humas Kementerian PerdaganganWamendag Jerry Sambuaga, saat menghadiri pertemuan Special ASEAN Economic Ministers on Covid-19 Response secara virtual.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng marketplace Tokopedia untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat melalui program digitalisasi pasar rakyat.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Peningkatan Daya Saing dan Penyediaan Fasilitas Ruang Promosi Melalui Digitalisasi Pasar Rakyat dengan Memanfaatkan Aplikasi Tokopedia, antar kedua belah pihak.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, digitalisasi tersebut agar pasar rakyat dapat berkompetisi dengan pusat perbelanjaan modern, serta mampu menjadi penggerak perekonomian daerah.

“Dengan sinergi ini, Tokopedia akan memberikan fasilitas ruang promosi melalui pembukaan akun pasar rakyat di platform Tokopedia. Kerja sama ini diharapkan dapat membantu para pedagang pasar rakyat dalam meningkatkan penjualannya secara daring," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: Menkop: Tanpa Mengikuti Arus Digitalisasi, UMKM Akan Ambruk Ditelan Zaman

Jerry mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 dan pembatasan jumlah pengunjung ke pasar rakyat, maka belanja daring menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam berbelanja. Di sisi lain, model bisnis ini juga menjadi cara pelaku usaha bertahan di tengah pandemi.

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan, penjualan produk di media sosial dan marketplace pada 2020 mencapai Rp 446,75 triliun. Nilai ini naik 400 persen dibanding 2017 yang tercatat sebesar Rp 124,9 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, Kemendag pun terus mendorong pemerintah daerah untuk melakukan inovasi di tengah pandemi guna mendorong roda ekonomi tetap berputar, termasuk roda ekonomi pasar rakyat. Salah satunya dengan digitaliasasi pasar.

"Penerapan digitalisasi pasar rakyat dapat dilakukan bekerja sama dengan pelaku perdagangan melalui sistem elektronik, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya terhadap barang kebutuhan pokok baik secara daring maupun luring," kata Jerry.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra menambahkan, ruang lingkup kerja sama ini mencakup memfasilitasi pengembangan kapasitas serta penguatan UMKM, termasuk di pasar rakyat.

Selain itu, penyediaan ruang promosi, informasi, edukasi, sosialisasi, serta pemanfaatan akun pasar rakyat di aplikasi Tokopedia. Serta mencakup pendampingan dari Tokopedia dalam bentuk pelatihan pengelola pasar rakyat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.